Jadi yang Pertama di Kaltara, Kabupaten Bulungan Integrasikan Siskeudes dan Siswaskeudes Online

TANJUNG SELOR - Kepala Perwakilan (Kaper) BPKP Provinsi Kalimantan Utara yang diwakili Koordinator Pengawasan (Korwas) Bidang Akuntabilitas Pemerintah Daerah (APD), Arief Hidayat, menghadiri acara “Launching Aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) dan Aplikasi Sistem Pengawasan Keuangan Desa (Siswaskeudes) Online bagi Pemerintah Desa se-Kabupaten Bulungan Tahun 2022” yang dihadiri dan diresmikan secara langsung oleh Bupati Bulungan, Syarwani, Senin (15/8/2022).Acara yang berlangsung di Aula Lantai II Kantor Bupati Bulungan, dihadiri pula oleh Asisten Daerah I dan III, Inspektur Daerah, dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Camat, serta segenap kepala desa di wilayah Kabupaten Bulungan.

Inspektur Daerah Kabupaten Bulungan, Ibramsyah, selaku panitia acara dalam laporannya menyampaikan tujuan diselenggarakannya Siskeudes dan Siswaskeudes online, yaitu untuk mempermudah pengelolaan keuangan desa, serta pengawasannya oleh APIP. Ibramsyah juga menyampaikan kendala-kendala yang masih dihadapi dalam penyelenggaraan siskeudes, seperti penggunaan dana desa yang belum sesuai peraturan, kurangnya kompetensi aparat desa, masalah jaringan telekomunikasi, dan kebijakan penggantian aparat desa yang tidak sesuai kompetensinya. Pemerintah Kabupaten telah menjalin kerjasama dengan Kementerian Dalam Negeri dan BPKP dalam rangka mengatasi hambatan-hambatan tersebut.

Dalam sambutan dan peresmian acara launching tersebut, Bupati Bulungan, Syarwani memberikan apresiasi positif atas terselenggaranya launching Siskeudes dan Siswaskeudes online. Hal ini dilakukan dalam rangka meningkatkan pengelolaan keuangan desa yang transparan dan akuntabel dalam menunjang tercapainya tujuan pembangunan desa sebagaimana diamanahkan dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa. Melalui Siskeudes dan Siswaskeudes online ini, 74 desa yang berada di 10 kecamatan di Kabupaten Bulungan, dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas pengelolaan keuangan desa dari aspek waktu dan biaya, serta pendokumentasian. Diakui Syarwani, masih ada beberapa desa yang masih belum terjangkau jaringan internet secara baik, namun hal ini diharapkan dapat dituntaskan tahun ini.

Dalam kesempatan ini, Syarwani menegaskan bahwa jajaran Pemerintah Kabupaten Bulungan dan seluruh pemerintah desa telah berkomitmen untuk terus menjalankan amanah penyelenggaraan Siskeudes dan Siswaskeudes online.Selanjutnya, ia juga mengucapkan terima kasih kepada BPKP.

“Saya ucapkan terima kasih kepada BPKP. Saya berharap agar BPKP selalu memberikan pendampingan, bimbingan dan dukungan kepada Pemerintah Kabupaten Bulungan termasuk kepada aparat desa dan pendamping desa agar implementasi Siskeudes dan Siswaskeudes online dapat berjalan dengan sebaik-baiknya sesuai dengan Peraturan perundangan yang berlaku,” ujarnya.

Sementara itu, Korwas Bidang APD, Arief Hidayat dalam sambutannya mengucapkan selamat untuk Kabupaten Bulungan.

“Selamat dan penghargaan yang sebesar-besarnya untuk Kabupaten Bulungan di bawah pimpinan Bapak Bupati yang telah berhasil selangkah lebih maju dengan meluncurkan Siskeudes dan Siswaskeudes secara online dan terintegrasi, serta menjadi kabupaten pertama di wilayah Provinsi Kalimantan Utara yang meluncurkan Siskeudes dan Siswaseudes online. Hal ini menunjukkan upaya yang sungguh-sungguh dari Pemerintah Kabupaten Bulungan untuk mewujudkan tata kelola keuangan desa yang transparan dan akuntabel, di tengah-tengah begitu banyaknya kendala dan hambatan yang dijumpai, seperti kompetensi SDM, jaringan telekomunikasi dan wilayah geografis yang sulit,” ujar Arief.

“BPKP berharap peluncuran siskeudes dan siswaskeudes online ke depannya dapat benar-benar diterapkan dan diteruskembangkan secara baik, sehingga dapat membantu meningkatkan akuntabilitas pengelolaan keuangan desa,” tambahnya.

Acara diakhiri dengan penyampaian simulasi implementasi Siskeudes dan Siswaskeudes online yang dipandu oleh Moses Siahaan dari Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Utara dan didampingi oleh petugas user desa, admin kabupaten dan auditor inspektorat.

 

(Kominfo BPKP Kaltara/Bidang APD)