Kader Bela Negara Dituntut Aktualisasikan Nilai Dasar dan Keterampilan Bela Negara

Malang – Pendidikan dan Pelatihan Kader Bela Negara Bagi Pegawai Eselon III, IV Atau Yang Setara Dan Fungsional Madya BPKP Batch VIII Tahun 2022 telah selesai dilaksanakan, selama 5 hari, dengan baik, lancar, dan sukses. 30 orang Pegawai Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Timur, yang menjadi Siswa Diklat Kader Bela Negara tersebut telah menyerap dengan baik seluruh pengetahuan tentang Bela Negara, Wawasan Kebangsaan, Kewaspadaan Nasional, Geopolitik dan Wawasan Nusantara, Geostrategi dan Ketahanan Nasional, Sistem Manajemen Nasional, Kewaspadaan Dini, Sejarah Perjuangan Bangsa, dan Kepemimpinan Berwawasan Bela Negara, yang diberikan Widyaiswara dan Pelatih Diklat.

Jumat, 1 Juli 2022, Kabidevkat Mutu Diklat Pusdiklat Bela Negara Badan Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Pertahanan Kolonel Inf. Triyono Priyo Pamudji mewakili Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Pertahanan, menutup secara resmi Pendidikan dan Pelatihan Kader Bela Negara Bagi Pegawai Eselon III, IV Atau Yang Setara Dan Fungsional Madya BPKP Batch VIII Tahun 2022 tersebut, di Ruang Aula Dodik Bela Negara Rindam V Brawijaya, Malang.

Dalam amanatnya, Kolonel Inf. Triyono Priyo Pamudji mengatakan Alumni Diklat Bela Negara dituntut dapat mengaktualisasikan pengetahuan Nilai Dasar Bela Negara dan Keterampilan Dasar Bela Negara yang telah diterima dalam kehidupan sehari-hari. Mewakili Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Pertahanan, Kolonel Inf. Triyono Priyo Pamudji berharap kepada para Alumni Diklat Kader Bela Negara untuk memiliki kompetensi dasar Bela Negara yang meliputi sikap dan perilaku yang berkepribadian Pancasila, semangat cinta tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara, kerelaan berkorban demi bangsa dan negara serta memiliki kemampuan awal Bela Negara yang tangguh untuk dapat ditumbuhkembangkan dalam kehidupan sehari-hari di manapun berada.

Kolonel Inf. Triyono Priyo Pamudji juga menyampakan ucapan terima kasih kepada Kepala BPKP yang telah bekerjasama dengan Badiklat Kemhan dan para Alumni Diklat Kader Bela Negara yang telah mengikuti Diklat ini dengan penuh kesungguhan dan antusias yang tinggi untuk menggali pengetahuan dan keterampilan yang diberikan selama Diklat berlangsung.

Penutupan Diklat Kader Bela Negara ini juga dihadiri oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Timur Alexander Rubi Satyoadi mewakili Kepala BPKP, wakil dari Pangdam V Brawijaya, Komandan Rindam V Brawijaya Kolonel (Inf.) Andi Kusworo, Komandan Dodik Bela Negara Letkol (Arm.) Soegeng Boediarto, Komandan Dodikjur Letkol (Inf.) M. Rifai, para Widyaiswara, Pelatih dan perwakilan dari Pusdiklatwas BPKP.

Pada sesi akhir penutupan Diklat, disampaikan tiga peserta diklat terbaik, yaitu Terbaik 1 Joko Sutrisno, Terbaik 2 Afandi, dan Terbaik 3 Sugeng Widiyanto.