Library Café BPKP Jateng, Berdaya dengan Data

Semarang (09/08/2022)- Library Cafe Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah yang digelar pada Selasa, 09 Agustus 2022 cukup spesial. Karena Rury Hanasri dan Putut Hardiyanto dari Puslitbangwas BPKP tampil sebagai pembicara dengan judul materi Empowering APP 2022 With Data.

Dalam kesempatan tersebut Rury mengungkapkan, di tengah hingar bingar big data dan data analysis, BPKP menyesuaikan diri dengan bergerak cepat melakukan peningkatan kapabilitas dan improvisasi dalam pengembangan penggunaan data sebagai peningkatan kualitas audit. Sehingga audit yang berbasis data diharapkan akan menghasilkan temuan strategis dan dapat diberikan rekomendasi yang tepat bagi manajemen mengambil kebijakan yang tepat.

Rury menegaskan sejatinya audit tidak akan pernah lepas dari data, oleh sebab itu audit memiliki karakteristik yang sama dengan riset yaitu menggunakan data sebagai basis raw material  atau bahan mentahan olahan dalam penggalian informasi dan simpulannya.

Putut Hardiyanto juga menyampaikan, BPKP sebagai auditor presiden telah menyusun Agenda Program Pengawasan (APP) tahun 2022 sebagai jalur lintas kendali kesuksesan program-program Presiden. Agenda Program Pengawasan ini bukan berati tidak menemui kendala, belum memiliki data operasional dan data operasional masih bersifat makro, adalah tantangan yang masih perlu dituntaskan demi agenda mulia ini.

Putut menambahkan, APP 2022 yang digadang oleh BPKP akan kurang optimalmemberikan informasi berkualitas kepada presiden dan stakeholder apabila APP 2022 tidak bersinergi dengan sumber data dari instansi lain seperti halnya BPS, Kementerian Keuangan dan instansi lainnya.Tugas berat integrasi data harus menjadi ikhtiar bersama untuk  mendukung satu data Indonesia yang dapat digunakan untuk pengambilan kebijakanstrategis pemerintah.

Kepala Perwakian BPKP Provinsi Jawa Tengah Tri Handoyo mengucapkan terima kasih pada narasumber, dengan harapan  melalui Library Cafe ini akan membuka mata kesadaran pegawai BPKP betapa pentingnya menggunakan data dalam melakukan tugas pengawasan, sehingga fungsi Audit Internal dapat berjalan dengan baik guna memastikan tujuan program pemerintah dapat tercapai.

Library Cafe dilanjut dengan diskusi dan tanya jawab dari peserta pada narasumber. Koordinator Pengawasan Bidang Program dan Pelaporan serta Pembinaan APIP (P3A) Bagus Putu Santika tampil secara khusus sebagai Host dalam acara ini.

(Kominfo BPKP Jateng /bps/andre/adn)