Menakar Kesiapan APIP Jateng Menuju Kapabilitas Level 3

Semarang (5/8/2022) - bertempat di Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah tanggal 3 s.d. 5 Agustus 2022, telah dilaksanakan kegiatan Monitoring Progress Penilaian Mandiri dan Persiapan Evaluasi Penilaian Kapabilitas APIP Tahun 2022, yang bertujuan untuk menakar kesiapan serta mendorong APIP pada wilayah kerja Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah agar mempercepat Kegiatan Penilaian Mandiri melalui Aplikasi New PK APIP.

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah Tri Handoyo didampingi Korwas Bidang P3A Bagus Putu Santika saat memantau kegiatan Monitoring Progress Penilaian Mandiri dan Persiapan Evaluasi Penilaian Kapabilitas APIP Tahun 2022, Menyampaikan bahwa Penilaian Kapabilitas APIP adalah suatu rangkaian aktivitas penilaian yang diawali dengan penilaian mandiri oleh APIP itu sendiri dan selanjutnya dilakukan evaluasi oleh BPKP.

Tri Handoyo menegaskan, Fokus kegiatan monitoring adalah untuk APIP yang telah memperoleh Level 3 sebelum tahun 2021 dan akan mempertahankan level 3-nya di Tahun 2022, serta sebagian APIP Level 2 yang masih dalam proses Penilaian Mandiri.

Koordinator Pengawasan Bidang P3A Bagus Putu Santika beserta Tim Bidang P3A memfasilitasi APIP dalam melakukan pengisian Penilaian Mandiri pada Aplikasi New PK APIP. Dari 23 APIP yang diundang, sebagian telah menyelesaikan Penilaian Mandiri pada aplikasi dan siap dilakukan evaluasi dan sebagian APIP masih dalam proses Penilaian Mandiri dan berkomitmen untuk segera menyelesaikannya.

Bagus mengatakan bahwa Kendala utama yang dihadapi APIP untuk mencapai Level 3 antara lain APIP belum melakukan evaluasi atas keandalan register risiko OPD karena belum semua OPD menyusun register risiko; perencanaan pengawasan belum berbasis risiko; pemda belum melakukan penilaian mandiri atas Maturitas Penyelenggaraan SPIP; dan APIP belum melakuan penjaminan kualitas atas hasil penilaian mandiri Maturitas Penyelenggaraan SPIP pemda. 

Bagus berharap melalui kegiatan ini APIP dapat menindaklanjuti area yang masih memerlukan perbaikan (AoI) sehingga terwujud APIP yang mampu melaksanakan aktivitas pengawasan yang ditunjang dengan dukungan pengawasan yang baik sehingga dapat mendorong hasil pengawasan yang berkualitas agar dapat mewujudkan perannya secara efektif.

(Kominfo BPKP Jateng/BPS-Din)