PEGAWAI BPKP JATENG TANDATANGANI PAKTA INTEGRITAS

Semarang - Senin (17/1) bertempat di ruang aula Amarta lantai tiga kantor Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah, telah dilaksanakan Penandatanganan Pakta Integritas Tahun 2022. Penandatanganan Pakta Integritas oleh Pejabat Administrator, para Koordinator Pengawasan, para SubKoordinator serta perwakilan dari Pejabat Fungsional Auditor, Pejabat Fungsional Umum dan Fungsional lainnya dilaksanakan secara offline, sementara para pegawai lain mengikuti penandatanganan Pakta Integritas secara zoom dari ruang bidang/bagian masing-masing.

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah Tri Handoyo menyampaikan, bahwa Pakta Integritas merupakan landasan utama dalam melaksanakan kerja dan merupakan suatu hal yang harus dilaksanakan dalam setiap proses, mulai dari perencanaannya sampai pada pelaksanaan dan pelaporannya, karena tidak menutup kemungkinan bahwa setiap proses masih memungkinkan adanya gangguan integritas, sehingga komitmen bersama harus tetap terjaga dengan baik.

Tri Handoyo menambahkan untuk Penandatanganan Pakta Integritas ini bukan semata-mata hanya sebagai seremonial belaka yang secara rutin dilaksanakan setiap tahun. Setiap pegawai harus dapat memaknai penandatanganan ini sebagai kontrol dan ketaatan kita selaku pegawai BPKP terhadap aturan yang ada dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab, sehingga akan tertanam dalam diri kita disiplin yang kuat dan penuh integritas.

Lebih lanjut Tri Handoyo menegaskan bahwa Penandatanganan Pakta Integritas tersebut merupakan komitmen pegawai dalam menerapkan nilai-nilai aturan perilaku pegawai BPKP, sikap transparan, jujur, objektif, dan akuntabel dalam melaksanakan tugas, komitmen untuk profesionalisme dan kompetensi , serta peran proaktif pegawai dalam pencegahan dan pemberantasan korupsi, kolusi, dan nepotisme.

Sebelum penandatanganan Pakta Integritas, terlebih dahulu dibacakan pernyataan  Pakta Integritas oleh Subkoordinator Kepegawaian Djoko Moeljanto dilanjutkan dengan arahan dari Kepala Perwakilan. Penandatanganan Pakta Integritas diawali oleh Kepala Bagian Tata Usaha dan para Koordinator Pengawasan secara bersama-sama dihadapan Kepala Perwakilan, kemudian para pegawai menandatangani Pakta Integritas secara berurutan dengan tertib dihadapan atasan langsung masing-masing dengan disaksikan oleh Kepala Perwakilan, dengan tetap memperhatikan protokoler kesehatan.

(Kominfo BPKP Jateng / Din)