Penyerahan Laporan Kinerja Deputi Bidang Investigasi Tahun 2020

Jakarta, hari Kamis tanggal 7 Januari 2020 Kepala BPKP Deputi Bidang Investigasi Ibu Agustina Arumsari melakukan penyerahan Laporan Kinerja Deputi Bidang Investigasi Tahun 2020 kepada Kepala BPKP Bapak Muhamad Yusuf Ateh sebagai bentuk akuntabilitas pelaksanaan tugas dan fungsi Deputi Bidang Investigasi Tahun 2020.

Pada tahun 2020 Deputi Bidang Investigasi melaksanakan 4 (empat) sasaran program yang dijabarkan dalam 12 indikator kinerja. Hasil pengukuran kinerja menunjukkan bahwa 12 indikator kinerja (100%) telah mencapai target. Rata-rata capaian kinerja sebesar 190,18%.

Penugasan yang dilaksanakan oleh Direktorat di Lingkungan Deputi Bidang Investigasi didukung oleh SDM sebanyak 100 pegawai, terdiri dari 17 pejabat struktural, 64 auditor, fungsional umum/tertentu 19 orang.

Capaian kinerja yang cukup tinggi melampaui target didukung antara lain oleh:

  1. Tim auditor memiliki kompetensi untuk melaksanakan penugasan pengawasan represif, sehingga dapat menyelesaikan penugasan dan penyelesaian laporan dengan tepat waktu.
  2. Peran aktif APH dan K/L/P/BU dalam menindaklanjuti hasil pengawasan.  
  3. Telah tersedia Pedoman Penugasan Kegiatan Bidang Investigasi (PPKBI) dan Petunjuk Teknis Penugasan Keinvestigasian sebagai standarisasi proses bisnis kegiatan pengawasan keinvestigasian.

Untuk mempertahankan dan meningkatkan kinerja di tahun 2021, Deputi Bidang Investigasi akan melakukan:

  1. Membangun sinergitas dengan pihak-pihak terkait (APH dan K/L/P/BU) dalam upaya mewujudkan pemerintahan yang bersih dan bebas dari KKN.
  2. Melakukan pembinaan dan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai aset utama dalam mencapai keberhasilan untuk mendukung tugas dan fungsi.  
  3. Pengembangan pengawasan intern dengan menggunakan teknologi informasi.
  4. Memberikan rekomendasi terkait kebijakan yang harus diambil yang menyangkut pemecahan masalah program prioritas pemerintah.
  5. Deputi Bidang Investigasi akan menyusun strategi pencapaian kinerja dengan upaya memecahkan sekat antar unit kerja.