QUIS CUSTODIET IPSOS CUSTODES?

Dalam kesempatan tersebut, Yusuf Ateh menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Inspektorat karena menjadi unit kerja yang pertama menyampaikan Laporan Ikhtisar Hasil Pengawasan tahun 2021.

Untuk diketahui, bahwa dalam laporan tersebut Inspektorat menyampaikan delapan rekomendasi kepada Kepala BPKP dan menetapkan enam belas rencana aksi yang akan dilakukan Inspektorat pada tahun 2022 mendatang. Hal ini berkaitan erat dalam mendukung tugas dan fungsi BPKP, bahwa Inspektorat BPKP akan selalu menjaga integritas, baik secara organisasi dan individu sesuai yang diamanatkan dalam Peraturan BPKP Nomor 5 tahun 2019.

Lebih rinci, Inspektorat BPKP berperan sebagai trusted advisor yang tercermin dari aktivitas di bidang Pelayanan Konsultasi dan Penjaminan Mutu seperti pendampingan dan evaluasi penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah, Manajemen Risiko dan Reformasi Birokrasi /pembangunan Zona Integritas unit kerja di lingkungan BPKP.

Adapun peran strategic partner tercermin dari aktivitas di bidang Penjaminan Akuntabilitas seperti pelaksanaan audit terhadap ketaatan, audit kinerja , evaluasi sistem akuntabilitas kinerja unit kerja, reviu laporan keuangan dan RKA maupun RKBMN, evaluasi perencanaan dan penganggaran, serta pemantauan tindak lanjut hasil pengawasan.

Selain itu, Inspektorat BPKP juga berperan dalam upaya penegakan integritas dengan aktivitas di bidang Penegakan Integritas dan Penanganan Pengaduan seperti internalisasi anti gratifikasi dan benturan kepentingan maupun kampanye pemanfaatan Whistle Blowing System serta aktivitas merespon pengaduan dari stakeholders BPKP.

Di akhir perbincangan, Yusuf Ateh mengharapkan bahwa melalui tugas dan fungsi yang sudah diamanatkan, Inspektorat BPKP mampu menjadi pengawas intern bagi BPKP yang juga bertindak sebagai pengawas intern pemerintah Indonesia.

“Dalam rangka menyongsong tahun baru 2022, Inspektorat BPKP harus terus berupaya memberikan layanan yang terbaik bagi stakeholders utama dan seluruh unit kerja di lingkungan BPKP,” pesan Yusuf Ateh, dan disanggupi sepenuhnya oleh Buntoro.

 

Humas Inspektorat/tan-hil