BPKP Beri Arahan Pengaplikasian SPIP Terintegrasi pada Inspektorat Provinsi Maluku

Ambon (4/10) – Perwakilan BPKP Provinsi Maluku menerima kunjungan kerja dari Inspektorat Provinsi Maluku pada Selasa (4/10). Kunjungan tersebut dalam rangka permintaan pendampingan dan arahan terkait pengaplikasian SPIP Terintegrasi.

Bertempat di ruang Coaching Clinic lantai 1 Gedung Serbaguna Perwakilan BPKP Provinsi Maluku, dilaksanakan kegiatan konsultasi terkait penilaian mandiri maturitas penyelenggaraan SPIP dan pengaplikasian SPIP terintegrasi di lingkup Inspektorat Provinsi Maluku. Perwakilan BPKP Provinsi Maluku melalui tim Bidang Akuntabilitas Pemerintah Daerah (APD) memberikan pemahaman tentang prosedur dan tata cara penilaian mandiri maturitas penyelenggaraan SPIP.

Adapun tujuan dari kegiatan pendampingan/bimbingan ini adalah untuk memberikan pemahaman yang lebih teknis, agar nantinya dalam melakukan penilaian mandiri maturitas SPIP bisa terlaksana dengan baik. Sehingga dapat diketahui apakah penyelenggaraan SPIP pada lingkup Inspektorat Provinsi Maluku sudah efektif atau belum, serta mengetahui area of improvement yang harus dibenahi.

Melalui kegiatan pendampingan tersebut diharapkan Inspektorat Provinsi Maluku akan mampu menciptakan lingkungan pengendalian yang kondusif, mampu menerapkan kegiatan pengendalian yang efektif, tercipta budaya kerja dan integritas, serta mampu melakukan penilaian risiko dan memitigasinya.

   

 

(Tim Bidang APD/YSR – Kominfo BPKP Maluku/AKB)