BPKP DIY Raih Peringkat ke-2 Penganugerahan KIP

Bertempat di Imperial Ballroom Hotel Rich Yogyakarta, Rabu (28/09), diselenggarakan acara Penganugerahan Keterbukaan Informasi Badan Publik se-D.I. Yogyakarta Tahun 2022 yang diselengarakan oleh Komisi Informasi Daerah (KID) D.I. Yogyakarta. Dalam ajang ini, Perwakilan BPKP D.I. Yogyakarta meraih peringkat ke-2 kategori instansi vertikal.

Ketua Komisi Informasi Pusat Gede Narayana Sunarkha dalam sambutanya menyatakan, salah satu tujuan keterbukaan informasi publik adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Monitoring dan evaluasi Keterbukaan Informasi Badan Publik dilaksanakan agar esensi substansi badan publik yang mendapatkan predikat informatif, benar-benar telah memberikan informasi yang bermanfaat untuk masyarakat.

Sementara itu Kepala Dinas Kominfo D.I. Yogyakarta Hari Edi Tri Wahyu Nugroho saat membacakan sambutan Gubernur menyampaikan, UU No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik memberikan jaminan kepada semua orang untuk memperoleh informasi publik dalam rangka mewujudkan dan meningkatkan peran serta aktif masyarakat dalam penyelenggaraan negara. Dalam proses pengambilan kebijakan public, kebebasan informasi diharapkan menjadi spirit demokratisasi yang menawarkan kebebasan dan tanggung jawab secara bersamaan.

Penganugerahan Keterbukaan Informasi Badan Publik tahun 2022 ini terdiri dari sembilan kategori yaitu Kategori Pemeritah Kabupaten/Kota se-Daerah Istimewa Yogyakarta, Kategori OPD Pemerintah Daerah, Kategori OPD Pemerintah Kabupaten/Kota, Kategori OPD Kapanewon/Kemantren, Kategori Partai Politik, Kategori Lembaga Yudikatif, Kategori Instansi Vertikal, Kategori Lembaga Non Struktural, dan Kategori Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

(Kominfo BPKP DIY/&ie)