Kerjasama BPKP DIY – Pemkab Purworejo Dalam Penggunaan Aplikasi FMIS

Senin (26/9) Perwakilan BPKP D.I. Yogyakarta, Pemerintah Kabupaten Purworejo, dan PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah Cabang Purworejo menandatangani perjanjian kerja sama pengembangan dan penggunaan aplikasi FMIS dalam proses SP2D online dan CMS Bank. Kegiatan yang diselenggarakan di Alana Hotel Yogyakarta tersebut dihadiri oleh Kepala Perwakilan BPKP D.I. Yogyakarta Adi Gemawan, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Purworejo Agus Ari Setiyadi, dan Kepala Bank Jateng Cabang Purworejo Isnanto Subroto.

Dalam sambutannya Agus Ari Setiyadi mengucapkan terima kasih kepada Perwakilan BPKP D.I. Yogyakarta telah memfasilitasi pengelolaan keuangan di Pemerintah Kabupaten Purworejo dan PT Bank Jateng yang menyediakan sarana dan prasarana yang mempermudah pengelolaan keuangan daerah. Menurut Agus, dalam pengelolaan keuangan harus berhati-hati dan selalu taat regulasi, serta memanfaatkan sarana sebaik-baiknya sejak proses perencanaan, penganggaran, penatausahaan, pertanggungjawaban, dan pelaporannya. Melalui kerjasama ini, diharapkan FMIS akan connecting dengan cash management system di Bank Jateng. Selanjutnya Agus berharap agar perjanjian kerja sama yang ditandatangani saat ini mengukuhkan dan meningkatkan kerja sama yang telah terjalin selama ini.

Sementara itu, Isnanto Subroto berharap Bank Jateng Cabang Purworejo dapat menjalankan amanah dari Perwakilan BPKP D.I. Yogyakarta dan Pemerintah Kabupaten Purworejo dengan baik. Jika ke depan masih ada kekurangan, Bank Jateng Cabang Purworejo berkomitmen selalu memperbaiki diri, dengan selalu berkoordinasi dengan kantor pusat. Isnanto berharap melalui sistem yang ada saat ini bisa mendukung pelaksanaan tugas Pemerintah Kabupaten Purworejo.

Kepala Perwakilan BPKP D.I. Yogyakarta Adi Gemawan menyambut baik kerja sama  ini. Adi berharap segala aktivitas baik dari sisi Pemerintah Kabupaten Purworejo maupun Bank Jateng semakin efisien, efektif, akuntabel,  controlable, dan cepat karena dapat dilakukan di mana saja. Dengan penggunaan aplikasi FMIS, diharapkan laporan keuangan yang dihasilkan oleh pemda akan semakin baik, dan meminimalisir permasalahan yang timbul.

(Kominfo BPKP DIY/ros)