BPKP Banten Edukasi Pencegahan Korupsi di Kab. Lebak

.

LEBAK (29/9/2022) - Dalam rangka pencegahan korupsi, BPKP melaksanakan kegiatan Masyarakat Pembelajar Anti Korupsi (MPAK) untuk Kepala Desa atau Sekretaris Desa di wilayah Kabupaten Lebak.

Kegiatan MPAK yang edukatif disambut antusias oleh seluruh peserta dari unsur perangkat desa di lingkungan Kabupaten Lebak. Kegiatan MPAK ini diharapkan dapat mengendalikan risiko fraud pada pengelolaan APBDes. Selain itu, tindak lanjut dari kegiatan MPAK ini berupa Penandatanganan Komitmen Anti Korupsi oleh Kepala Desa dan Sekretaris Desa yang hadir dengan disaksikan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Banten, serta Pembentukan Komunitas Pembelajar Anti Korupsi (KOMPAK).


Materi Sosialisasi MPAK ini disampaikan secara langsung oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Banten R. Bimo Gunung Abdulkadir, mulai dari pengertian korupsi, korupsi menurut Undang-undang Tipikor, penyebab terjadinya korupsi dari berbagai aspek (institusi, manusia, dan sosial budaya), hingga pencegahan korupsi dengan pembentukan Masyarakat Pembelajar Anti Korupsi.

(Kominfo BPKP Banten)