Inspektur BPKP: SAKIP sebagai Alat Ukur Kinerja Pemerintah

.

BOGOR (8/9/2022) – Inspektur BPKP Buntoro menjadi narasumber dalam kegiatan “­­Knowledge Sharing dan Evaluasi Pelaksanaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP)”. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional RI di Padjajaran Hotel, Bogor.

Kegiatan knowledge sharing dibuka oleh Inspektur Bidang Kinerja Kelembagaan, Thohir Afandi. Dalam arahannya, Thohir berharap kegiatan tersebut dapat meningkatkan kompetensi SDM, penguatan koordinasi, pendalaman informasi dan komitmen terhadap implementasi SAKIP serta menjadi benchmarking dalam mengawal akuntabilitas kinerja instansi.

Pada kesempatan tersebut, Inspektur BPKP Buntoro menyampaikan overview mengenai Implementasi Pelaksanaan Evaluasi SAKIP. Tujuan pelaksanaan evaluasi SAKIP secara umum adalah untuk mengetahui sejauh mana SAKIP dilaksanakan dalam mendorong peningkatan pencapaian kinerja yang tepat sasaran dan berorientasi hasil pada instansi pemerintah.

Secara khusus, pelaksanaan evaluasi SAKIP bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai implementasi SAKIP, menilai tingkat implementasi SAKIP, menilai tingkat akuntabilitas kinerja, memberikan saran perbaikan untuk peningkatan SAKIP, dan memonitor tindak lanjut rekomendasi hasil evaluasi periode sebelumnya.

Buntoro juga memberikan gambaran tentang unit kerja Inspektorat BPKP, struktur organisasi, CACM (Citra BPKP), gratifikasi dan integritas serta penekanan pada peran inspektorat sebagai strategic partner.

(Tim Kominfo Inspektorat)