BPKP NTB Kawal Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem

.

SEKOTONG - Penghapusan kemiskinan ekstrem telah menjadi fokus pemerintah sebagai amanat dalam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals). Sebagaimana Instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2022 tentang Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem, Pemerintah targetkan penghapusan kemiskinan ekstrem di seluruh wilayah Indonesia pada tahun 2024.

Untuk mencapai target tersebut strategi pengentasan kemiskinan harus terkonsolidasi, terintegrasi dan tepat sasaran melalui adanya konvergensi dan kolaborasi intervensi di tingkat pusat, daerah dan desa.

Di Provinsi Nusa Tenggara Barat, Tim Perwakilan BPKP NTB melakukan evaluasi atas implementasi strategi penurunan beban pengeluaran bagi individu dan/atau kelompok penerima manfaat, dengan mengambil uji petik di Kabupaten Lombok Barat.

Adapun kegiatan konvergensi yang dilakukan yakni melalui Program Perlindungan Sosial, Jaminan Sosial, Subsidi, Peningkatan Akses Permodalan, Pelatihan Keterampilan, Pengembangan Aset Produktif serta Aksesibilitas Mutu dan Pelayanan Dasar. Harapannya, semoga dengan adanya program-program yang telah dilakukan oleh pemerintah dapat 100% meghapus kemiskinan ekstrem yang ada di Indonesia.

(Kominfo BPKP NTB)