Puskesmas Kab, Sidrap Belajar Susun Anggaran BLUD dari BPKP

.

MAKASSAR (30/9/2022) - Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan memberikan pendampingan bagi empat Puskesmas di Wilayah Kabupaten Sidenreng Rappang dalam rangka pembentukan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD). Turut hadir dalam pembukaan coaching clinic ini Sekretaris Daerah Kabupaten Sidrap Basra.

Pemerintah melalui UU 17 tahun 2003 dan UU 1 Tahun 2014 mengamanatkan kepada instansi pemerintah yang tugas pokok dan fungsinya memberikan pelayanan kepada masyarakat untuk dapat menerapkan pola pengelolaan keuangan yang fleksibel dengan mengutamakan produktivitas, efisiensi, dan efektivitas. Hal inilah yang mendasari penerapan pengelolaan keuangan BLU dan BLUD pada instansi pemerintah. Melalui penerapan konsep ini dapat menjadi langkah awal dalam pembaharuan manajemen keuangan sektor publik.

Puskesmas merupakan salah satu unit kerja pelayanan pada bidang kesehatan yang diharuskan untuk ikut menerapkan BLUD. Dalam Coaching Clinic Penyusunan Dokumen Persyaratan Administratif Penyusunan BLUD pada Puskesmas di wilayah Kabupaten Sidrap, terdapat empat puskesmas yang mengikuti kegiatan ini diantaranya Puskesmas Rappang, Puskesmas Bilokka, Puskesmas Tanruteding, dan Puskesmas Amparita.

Sekretaris Daerah Kabupaten Sidrap Basra menyampaikan dengan penyelenggaraan BLUD dapat membantu Puskesmas di Kabupaten Sidrap dalam penggunaan anggaran dengan lebih baik. “Tentu dengan pendampingan BPKP teman-teman kami dapat bekerja, Alhamdulillah sudah dua [Puskesmas] yang lulus dan sudah berjalan sekarang (BLUD),” jelas Basra.

Kepala Perwakilan BPKP Sulsel Rizal Suhaili dalam sambutannya menyambut baik kedatangan Sekda Kab. Sidrap dan para pengelola Puskesmas di Kabupaten Sidrap pada kegiatan ini. Rizal menjelaskan BLUD memiliki keleluasaan dalam pengelolaan anggaran, di mana BLUD dapat megelola anggarannya secara fleksibel dan beroperasi dengan lebih baik. Ia menambahkan dengan adanya keleluasaan tata kelola perlu diiringi dengan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat. “Keleluasaan pengelolaan anggaran harus diiringi dengan peningkatan pelayanan yang lebih baik, itu harapan kami dari BPKP kita akan bantu agar bagaimana Bapak/Ibu sekalian, khususnya puskesmas-puskesmas Bapak/Ibu mampu untuk lulus menjadi puskesmas BLUD,” tutur Rizal

Coaching Clinic Penyusunan Dokumen Persyaratan Administratif Penyusunan BLUD pada Puskesmas di wilayah Kabupaten Sidrap diselenggarakan di Aula Lantai 3 Kantor Perwakilan BPKP Provinisi Sulawesi Selatan dan diikuti para Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan, Kepala Puskesmas, apoteker di Puskesmas Kabupaten Sidrap.

(Kominfo BPKP Sulsel/ Dew)