Bimbingan Teknis SPIP Terintegrasi di Lingkungan Pemerintah Kab. Gorontalo Utara

Gorontalo (2/8) Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Gorontalo Raden Murwantara didampingi Tim  Bidang APD, diundang menjadi narasumber di acara bimbingan teknis (Bimtek) SPIP Terintegrasi yang diselenggarakan oleh Inspektorat Kabupaten Gorontalo Utara.

Dengan adanya pembaharuan dalam penilaian SPIP yang diatur dalam Peraturan BPKP Nomor 5 Tahun 2021, Pemerintah Daerah Kabupaten Gorontalo Utara menyelenggarakan bimbingan teknis penguatan SPIP Terintegrasi. Hal ini bertujuan agar penerapan SPIP di Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara dilaksanakan dengan baik serta dapat menjadi sarana untuk menyusun strategi dalam meningkatkan level maturitas SPIP.

Kegiatan bimtek tersebut dibuka langsung oleh Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin, dalam sambutannya, beliau menargetkan tingkat maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) Kab. Gorontalo Utara harus mencapai level 3, sebelumnya pada tahun 2020 berada di level 2 dengan skor 2,90.

Sementara itu Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Gorontalo memaparkan secara garis besar tentang SPIP Terintegrasi dalam paparannya menjelaskan bahwa urgensi untuk pencapaian Good and Clean Government, di mana penerapan SPIP harus berorientasi pada hasil dan mampu memberikan manfaat lengkap dalam melakukan perbaikan yang bermuara pada kinerja yang lebih berkualitas.

Dalam kegiatan tersebut tentu juga tetap memperhatikan protokol covid-19 seperti menerapkan physical distancing dan mengenakan masker. 
(kominfobpkpgorontalo/timAPD)