Kunjungan kerja ke Kepolisian Daerah Gorontalo

Dalam kunjungan kerja tersebut, Kepala Perwakilan didampingi Korwas Bidang Investigasi, Muchtazar Ilyas, dan Korwas Bidang IPP Sidi Purnomo, diterima oleh Kapolda Gorontalo, Brigjen Rachmad Fudail , yang didampingi oleh Irwasda Polda Gorontalo, Komisaris Besar Agus.

Pada kesempatan itu, Kepala Perwakilan menyampaikan bahwa kunjungan ini dilakukan untuk lebih meningkatkan koordinasi serta kerja sama yang telah terjalin baik antara Perwakilan BPKP Provinsi Gorontalo dan Polda Gorontalo dalam bidang penegakan hukum, peningkatan kapasitas aparatur di lingkungan Inspektorat Pengawasan Daerah Polda Gorontalo khususnya terkait peningkatan maturitas SPIP, manajemen risiko, dan peningkatan kapabilitas APIP, sehingga pada kesempatan ini pula dibahas terkait rencana Polda Gorontalo akan mengadakan workshop peningkatan kompetensi auditor intern (Irwasda) dengan narasumber dari BPKP dengan materi SPIP, Risk Management, dan Risk Based Internal Audit.

Disamping itu, Kepala Perwakilan juga meminta dukungan dari Kapolda terkait proyek perubahan yang disusun dalam rangka Diklat PIM 2 yang sedang diikuti Kepala Perwakilan di LAN Makassar. Proyek perubahan diwujudkan dalam suatu aplikasi yang mengintegrasikan sistem penilaian risiko (risk assesment) pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dengan audit internal berbasis risiko (risk based internal audit) yang dilakukan APIP sehingga diharapkan nantinya maturitas SPIP dan kapabilitas APIP dapat terdongkrak naik.

Kapolda menyambut baik kunjungan ini dan menyampaikan apresiasinya atas kerja sama dan bantuan yang diberikan BPKP dalam bidang penegakan hukum, peningkatan maturitas SPIP dan kapabilitas APIP di lingkungan Inspektorat Pengawasan Daerah Polda Gorontalo. Kapolda juga memberikan dukungan atas proyek perubahan Kepala Perwakilan dan  berharap kerjasama BPKP dan Polda Gorontalo dapat terus ditingkatkan.