Bimtek Penyusunan RTP SPIP Inspektorat Kota Gorontalo Tahun 2016

Pada hari Senin-Selasa, tanggal 29-30 Agustus 2016, dilaksanakan Bimbingan Teknis Penyusunan Rencana Tindak Pengendalian Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (RTP-SPIP) Inspektorat Kota Gorontalo Tahun 2016 di Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Gorontalo. Narasumber bimtek dari Bidang Pengawasan Program, Pelaporan, dan Pembinaan APIP.

Tujuan dari bimtek ini adalah untuk meningkatkan kemampuan Inspektorat Kota Gorontalo dalam menyusun RTP melalui Focus Group Discussion.

Dalam penilaian Maturitas SPIP, peranan Inspektorat Daerah cukup besar. Oleh karena itu, Inspektorat Daerah selain harus mampu menyusun RTP SPIP instansi sendiri, diharapkan mampu mewujudkan peran konsultasi membina SKPD lainnya dalam menyusun RTP SPIP SKPD dan Pemerintah Daerah. Dengan kemampuan ini, Inspektorat Daerah dapat mewujudkan peran advisory/consulting level 3 kapabilitas IACM sekaligus memberikan kontribusi dalam Maturitas SPIP Pemerintah Daerah.

Kegiatan sebagian besar diisi dengan diskusi, praktik penilaian risiko, dan penyusunan RTP serta memberi kesempatan beberapa auditor Inspektorat Kota Gorontalo untuk presentasi tentang overview SPIP, penilaian risiko, dan dalam penyusunan RTP. Hal ini bertujuan agar auditor Inspektorat mampu melakukan bimtek RTP SPIP ke SKPD-SKPD secara mandiri.

Pada akhir acara, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Gorontalo juga menyampaikan hasil Rapat Koordinasi Pengawasan Nasional yang berlangsung di Jakarta pada tanggal 22 Agustus 2016.

Pemberian Sertifikat Bimtek

Ki-Ka: Bpk. Iwan Taufiq Purwanto (Kepala Perwakilan), Ibu Sri Aulia, Bpk. Roy, Bpk. Aziz (Auditor Inspektorat), Bpk. Taufiq Dunggio (Sekretaris Inspektorat), Bpk. Udoyo H. Wirawan (Korbidwas P3A)