Peran BPKP Dalam Mengawal Pembangunan di Gorontalo

Reviu Penyerapan Anggaran dan Pengadaan Barang/Jasa serta Penyaluran dan Pengunaan Dana Desa yang akan di lakukan oleh Aparat Pengawasan Internal Pemerintah (APIP) di Wilayah Provinsi Gorontalo dimaksudkan agar dapat memberikan data early warning kepada Presiden tentang penyerapan anggaran dan Pengadaan Barang/Jasa yang ada di wilayah Provinsi Gorontalo.

Senin, 18 Juli 2016 bertempat di Auditorium Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Gorontalo, telah dilaksanakan Workhshop Revieu Penyerapan Anggaran dan Pengadaan Barang/Jasa serta Penyaluran dan Pengunaan Dana Desa Triwulan II Tahun 2016. Acara tersebut di hadiri oleh Inspektur Prov,Kab/Kota se Provinsi Gorontalo beserta staf. Workhshop tersebut di awali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya kemudian dilanjutkan dengan sambutan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Gorontalo Iwan Taufiq Purwanto sekaligus membuka kegiatan tersebut kemudian beliau memberikan penjelasan gambaran umum mengenai materi Workshop.

Selanjutnya materi Workshop di sampaikan dalam dua sesi, pada sesi yang pertama di jelaskan tentang Pedoman Reviu  Penyerapan Anggaran dan Pengadaan Barang/Jasa oleh Auditor Madya Made Sedaya, kemudian sesi yang kedua yang menjelaskan tentang Aplikasi Penginputan hasil Reviu Penyerapan Anggaran dan Pengadaan Barang/Jasa serta Penyaluran dan Penggunaan Dana Desa.

Antusias yang sangat baik dari para peserta workshop sangat nampak dari pertanyaan-pertanyaan yang mereka lontarkan kepada narasumber pada sesi tanya-jawab. sesi tanya-jawab menjadi penutup dalam Workhshop Revieu Penyerapan Anggaran dan Pengadaan Barang/Jasa serta Penyaluran dan Pengunaan Dana Desa Triwulan II Tahun 2016. Pada Workshop tersebut juga telah menentukan rencana tentang proses Inputting data yang akan dilaksanakan pada tanggal 25 sampai dengan 26 Juli 2016 setelah sebelumnya seluruh pihak Inspektorat Prov,Kab/Kota di Provinsi Gorontalo melakukan Reviu pada Pemrintah Daerah masing-masing yang di damping oleh Tim dari Perwakilan BPKP Provinsi Gorontalo.

Terima kasih

HUMAS BPKP GORONTALO