Penguatan Peran APIP Dalam Memberantas Korupsi

Wakil Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi(KPK), Perwakilan BPKP Provinsi Gorontalo, Polda Gorontalo,Kejaksaan tinggi Gorontalo, Polres Kota Gorontalo, Kejari se Provinsi Gorontalo, Inspektur Provinsi,Kab/Kota se Provinsi Gorontalo serta para APIP se Provinsi Gorontalo, mengadakan kegiatan SARASEHAN PIMPINAN KPK DENGAN APIP DI WILAYAH PROVINSI GORONTALO  di Aduditorium Lantai II Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Gorontalo, Senin 9 Mei 2015 Pukul.15.00 WITA.

Kegiatan ini di moderator langsung oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Gorontalo Iwan Taufiq Purwanto. Dalam paparannya Wakil Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi(KPK) Alexander Marawata menjelaskan tentang penilaian tahap penyalagunaan wewenang dalam UU No.30 Tahun 2014 Pasal 20 yang membedakan pelanggaran administrasi dengan perbuatan pidana adalah unsur kesengajaan atau niat untuk memperkaya diri sendiri. beliau juga mngharapkan peran APIP dalam mendetksi perusahaan yang berhak menang atau tidak dalam penyelenggaraan pengadaan barang dan jasa.

Kegiatan tersebut di tutup dengan Tanya jawab antara Wakil Pimpinan KPK deng para APIP. dan di akhir kata Alexander mengatakan "Gaji tidak ada hubungannya dengan kejujuran, APIP harus lebih bijaksana dalam menindak kasus, jika bisa dengan membayar ganti rugi maka lebih baik itu dilakukan, fokusnya yaitu tidak membuat Negara rugi dan memenjarakan orang",pungkas beliau.

Terima kasih

HUMAS BPKP GORONTALO