Bimtek Reviu LKPD Berbasis Akrual

Dalam pasal 33 ayat 3 PP No. 8 / 2006 tentang Pelaporan Keuangan dan Kinerja Instansi Pemerintah (PKKIP) diatur bahwa Inspektorat Provinsi/Kabupaten/Kota melakukan reviu atas laporan keuangan dan kinerja dalam rangka meyakinkan keandalan informasi yang disajikan sebelum disampaikan oleh Gubernur/Bupati/Walikota kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Oleh karena itu, proses reviu menjadi krusial untuk dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah dalam rangka melaksanakan amanah peraturan perundangan dan dalam rangka mewujudkan tata kelola yang lebih baik. 

Reviu atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah adalah prosedur penelusuran angka-angka, permintaan keterangan dan analitis yang harus menjadi dasar memadai bagi inspektorat untuk memberi keyakinan terbatas atas laporan keuangan bahwa tidak ada modifikasi material yang harus dilakukan atas laporan keuangan agar laporan keuangan tersebut disajikan berdasarkan Sistem Pengendalian Intern (SPI) yang memadai dan sesuai dengan Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP). Keyakinan terbatas yang dimaksud dalam pengertian di atas adalah karena dalam reviu tidak dilakukan pengujian atas kebenaran substansi dokumen sumber.

Dalam rangka menindaklanjuti Instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2011 tentang Percepatan Peningkatan Kualitas Akuntabilitas Keuangan Negara, Inspektorat Provinsi Gorontalo bekerja sama dengan Perwakilan BPKP Provinsi Gorontalo melaksanakan Bimtek Reviu Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Berbasis Akrual kepada aparat pengawasan intern pemerintah se Provinsi Gorontalo, pada Hari Kamis Tanggal 28 Januari 2016 Pukul 08.00 WITA betempat di Aula Inspektorat Provinsi Gorontalo.

Kegiatan yang berlangsung selama satu hari tersebut di hadiri oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Gorontalo Bapak Iwan Taufiq Purwanto, Inspektur Provinsi Gorontalo Bapak Ahmad Rosadi Sambas, Inspektur Kota Gorontalo Bapak Nuryanto , Ak. , Inspektur Kabupaten Boalemo Bapak Musafir Bempah, Korwas APD Bapak Joseph Paat, Korwas P3A Bapak Udoyo H. Wirawan, dan di ikuti oleh 57 peserta yang berasal dari pegawai Inspektorat Provinsi, Kabupaten dan Kota se Provinsi Gorontalo.

Bimtek LKPD berbasis akrual ini di buka langsung oleh Bapak Ahmad Rosadi Sambas mewakili pemerintah Provinsi Gorontalo, dan dalam sambutannya beliau menghimbau kepada seluruh peserta bimtek untuk dapat menyerap seluruh materi yang akan di berikan oleh narasumber.

Setelah pembukaan bimtek di lanjutkan dengan pemaparan gambaran umum Laporan Keuangan Pemerintah Daerah oleh Bapak Iwan Taufiq Purwanto. kemudian dilanjutkan lagi dengan materi Reviu LKPD Berbasis Akrual dari Bapak Joseph Paat.

Kegiatan tersebut di rangkaikan dengan Validasi Reviu PBJ pra DPA Tahun 2016 dari Bapak Udoyo H. Wirawan yang telah dilaksanakan oleh Inspektorat Provinsi, Kabupaten dan Kota se Provinsi Gorontalo, dalam rangka memantau realisasi penyerapan anggaran Pemerintah Daerah Tahun 2016. 

 

Terima kasih

( HUMAS BPKP GORONTALO )