Seminar dan Rapat Pemutakhiran Data TLHP di Provinsi Gorontalo serta Pelantikan Pengurus AAIPI

Pembentukan organisasi profesi auditor yang diberinama Asosiasi Auditor Intern Pemerintah Indonesia yang disingkat AAIPI merupakan reformasi birokrasi di bidang pengawasan.ini dibentuk untuk mengemban amanat sebagaimana dimaksud pada Pasal 51, 52, 53 dan 55 PP Nomor 60 Tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah. Dalam Pasal 1 ayat (1) disebutkan bahwa pelaksanaan audit intern di lingkungan instansi Pemerintah oleh pejabat yang mempunyai tugas melaksanakan pengawasan dan yang telah memenuhi syarat kompetensi keahlian sebagai auditor.

Selanjutnya dalam Pasal 52 ayat (1) dan (3) disebutkan, bahwa untuk menjaga perilaku pejabat auditor disusun kode etik aparat pengawas intrn pemerintah, sedangkan kode etik tersebut disusun oleh organisasi profesi auditor, dengan mengacu pada pedoman yang ditetapkan oleh pemerintah. Sebagai upaya menjaga kualitas hasil audit maka pada Pasal 53 diamanatkan adanya  standar audit sedangkan pada Pasal 55 secara berkala dilaksanakan telaah sejawat (peer reviuw) yang pedomannya juga disusun oleh organisasi profesi auditor. Lahirnya AAIPI merupakan reformasi birokrasi di bidang pengawasan.

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie membuka langsung kegiatan Seminar dan Rapat Pemutakhiran Data TLHP di Provinsi Gorontalo serta Pelantikan Pengurus AAIPI di Wilayah Provinsi Gorontalo. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Wakil Walikota Gorontalo Carles Budi Doku, Kepala Puslitbangwas BPKP Riyani Budiastuti di dampingi Kasubbag TU Pusbin JFA BPKP Fajar Hudoyo, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Gorontalo Herman Hermawan, Kepla Perwakilan BPK Provinsi Gorontalo Bingkros Simanjuntak, Pegawai Inspektorat se Provinsi Gorontalo, serta seluruh pengurus AAIPI di Provinsi Gorontalo.

Dalam sambutannya Rusli Habibie mengharapkan peran AAIPI di Provinsi Gorontalo bisa membantu Pemerintah di Provinsi Gorontalo dalam pengawasan keuangan daerah. setelah itu kegiatan dilanjutkan dengan pelantikan pengurus AAIPI di Provinsi Gorontalo oleh Riyani Budiastuti dan kemudian dilanjutkan lagi dengan seminar dan rapat pemutakhiran data TLHP, yang menjadi pemateri yaitu Ibu Riyani Budiastuti,Herman Hermawan,Bingkros Simanjuntak, dan yang menjadi moderator Inspektur Provinsi Gorontalo Ahmad Rosadi Sambas.