Peningkatan Kualitas Pengelolaan Keuangan Daerah

Penyelenggaraan kegiatan pada suatu Instansi Pemerintah, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, sampai dengan pertanggungjawaban, harus dilaksanakan secara tertib, terkendali, serta efektif dan efisien. Untuk mewujudkannya dibutuhkan suatu sistem yang dapat memberi keyakinan memadai bahwa penyelenggaraan kegiatan telah dilaksanakan sesuai dengan rencana dan dapat mencapai tujuan. Sistem inilah yang dikenal sebagai Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP).

Rabu,11/2/2015 Pukul 09:30 WITA, Kabupaten Gorontalo Utara mengadakan kegiatan Sosialisasi Sistem Pengendalian Intern Pemerintah yang di rangkaikan dengan pengukuhan Satgas SPIP dan penandatanganan Pakta Integritas di Aula Gerbang Emas Kantor Bupati Gorontalo Utara. Kegiatan ini di hadiri oleh Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin, Wakil Bupati Gorontalo Utara Roni Imran, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Gorontalo Herman Hermawan di dampngi Korwas AN Ependy Haro,Korwas APD Joseph Paat, dan seluruh Kepala SKPD se- Kabupaten Gorontalo Utara.

Kegiatan tersebut di buka langsung oleh Bupati Indra Yasin, dan dalam sambutannya beliau menegaskan bahwa "setiap Kepala SKPD yang ada pada pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara harus menjaga kepercayaan masyarakat Gorontalo Utara juga harus lebih meningkatkan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah mulai dari proses perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, sampai dengan pertanggungjawaban. Setelah pembukaan oleh Bupati Indra Yasin dilanjutkan dengan penandatangan Pakta Integritas oleh seluruh kepala SKPD kemudian dilanjutkan lagi dengan pemaparan SPIP oleh Kepala Perwakilan Herman Hermawan dan Korwas AN Ependy Haro.

Tujuan yang ingin dicapai dalam kegiatan ini adalah :

1. Meningkatkan pengetahuan, kemampuan dan ketrampilan serta kompetensi peserta tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP),

2. Peserta mampu menyusun design Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) bagi SKPD masing-masing,

3. Peserta Mampu mengimplementasikan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP),

4. Menciptakan kesamaan visi dan dinamika pola pikir bagi Aparatur dalam melaksanakan tugas pemerintahan dan pembangunan demi terwujudnya kepemerintahan yang baik.