BPKP DKI Jakarta Melihat Sejauh Mana Proses Pengadaan PPPK Guru

Jakarta (22/04/2022) -Pengadaan PPPK Jabatan Fungsional Guru pada Instansi Daerah Tahun 2021 bertujuan untuk memenuhi kebutuhan dan mendorong peningkatan profesionalisme Guru di satuan Pendidikan yang diselenggarakan oleh Instansi Daerah sebagaimana disebutkan dalam Pasal 2 Permenpan RB Nomor 28 Tahun 2021 tentang Pengadaan Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Untuk Jabatan Fungsional Guru Pada Instansi Daerah Tahun 2021. Pelaksanaan pengadaan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja untuk jabatan fungsional guru (PPPK Guru) tahun 2021 di seluruh wilayah Provinsi DKI Jakarta telah dilaksanakan secara nasional oleh Kementerian Pendidikan, kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) selaku instansi pembina jabatan fungsional guru (JF Guru) dengan melibatkan Kementerian PAN dan RB dan BKN sebanyak 2 tahap, yaitu seleksi tahap I dan seleksi tahap II.

Peserta yang mengikuti seleksi tahap I terdiri dari tenaga honorer di sekolah negeri dan tenaga honorer K2, sedangkan peserta yang mengikuti tes tahap 2 terdiri dari peserta tahap 1 yang belum lulus, tenaga honorer di sekolah swasta, dan peserta yang telah lulus PPG Prajabatan.

Tim Perwakilan BPKP DKI Jakarta hadir melakukan pengawasan untuk melihat sejauh mana proses pengadaan PPPK Jabatan Fungsional Guru Tahun 2021 yang telah dilaksanakan tersebut sebagaimana suratuntuk melakukan pengawasan dariDeputi Kepala BPKP Pengawasan Instansi Pemerintah Bidang Politik, Hukum, Keamanan, dan Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.

Pengadaan PPPK Jabatan Fungsional Guru Tahun 2021 untuk wilayah Provinsi Jakarta mempunyai kuota sebanyak 11.482 Tenaga Pendidik. Dari kuota sebanyak 11.482  tersebut telah dilaksanakan seleksi tahap 1 yang dilaksanakan pada Bulan September 2021 dan seleksi tahap 2 yang telah dilaksanakan pada Bulan Desember 2021, dengan jumlah peserta lulus total sebanyak 9.668 peserta. Dan nantinya masih akan ada seleksi tahap 3 yang sampai pada saat tim ke lapangan masih belum ada informasi. Sedangkan, terhadap jumlah peserta yang telah dinyatakan lulus tahap 1 dan tahap 2 masih sedang berproses pengangkatan menjadi PPPK untuk dilakukan penandatanganan SK PPPK Tahap I dan Tahap II yang rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 25 – 28 April 2022 di masing-masing Walikota Administrasi.