Kapan Indonesia Bebas Korupsi ?

Pada hari Sabtu tanggal 31 Agustus 2013,  Perwakilan BPKP Provinsi DKI Jakarta bekerjasama dengan Universitas Negeri Jakarta telah menyelenggarakan Sosialisasi Program Anti Korupsi (SOSPAK) kepada mahasiswa baru Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Pelaksanaan Sosialisasi dilaksanakan mulai pukul 13.00 sampai dengan 15.30 di UPT Perpustakaan Fakultas Ekonomi UNJ bersamaan dengan Acara Pengenalan Organisasi MAGENTA (Mahasiswa Generasi Terbaik) untuk Mahasiswa Baru UNJ.

Karena terbatasnya tempat penyelenggaraan, pihak Fakultas Ekonomi menetapkan bahwa mahasiswa baru yang mengikuti acara tersebut adalah yang paling awal masuk dan setelah ruangan terisi penuh, regristrasi peserta ditutup walaupun mahasiswa yang mengantri untuk mengikuti acara sosialisasi tersebut masih panjang dan banyak, sehingga sosialisasi tersebut hanya bisa diikuti oleh 300 mahasiwa dari 835 mahasiswa baru Fakultas Ekonomi tahun 2013.  Dengan kebijakan tersebut, maka peserta sosialisasi adalah mahasiswa baru yang benar-benar berminat untuk mengikuti acara tersebut, sehingga para mahasiswa baru mengikuti acara tersebut dengan serius dan penuh antusias, bahkan mereka kecewa karena terbatasnya waktu mengingat Aula akan dipergunakan untuk acara yang lain.

Didalam sosialisasi tersebut, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi DKI Jakarta menyampaikan paparan strategi BPKP dalam memerangi korupsi melalui 3 pilar strategi, yaitu preemtif, preventif, dan represif. Selain itu, manfaat SPIP dalam strategi preventif untuk mencegah terjadinya korupsi. Setelah itu, dilanjutkan oleh Kepala Bidang Investigasi Perwakilan BPKP Provinsi DKI Jakarta menyampaikan peran yang dapat dilakukan oleh Mahasiswa dalam pencegahan dan pemberantasan Korupsi, dan cara pembuatan laporan pengaduan tentang dugaan adanya tindak pidana korupsi.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Perwakilan mengharapkan kepada Mahasiswa yang hadir untuk ikut berperan aktif  dalam memerangi korupsi sesuai dengan peraturan perundangan-undangan, dan mengharapkan UNJ dapat membuka program S2 konsentrasi forensic accounting.(Inv/Humas DKI)