BPKP DIY Lakukan Evaluasi Kinerja BLU Pendidikan Tinggi pada UPN Veteran Yogyakarta

Senin (08/08), bertempat di Ruang Rapat Lantai 1 Gedung Rektorat Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta dilakukan entry meeting antara Tim Evaluasi Kinerja BLU Pendidikan Tinggi Perwakilan BPKP DIY dengan pihak UPN Veteran  Yogyakarta yang dihadiri oleh Rektor Mohammad Irhas Effendi, Wakil Rektor Bidang Umum Dan Keuangan Susanta, beserta jajaran lainnya.

Dalam sambutannya Mohammad Irhas Effendi menceritakan tentang sejarah singkat UPN Veteran yang awalnya di Tahun 1958 merupakan perguruan tinggi yang didirikan oleh para pejuang kemerdekaan RI di bawah Kementerian Veteran. Selanjutnya setelah melalui beberapa perubahan status dan pengelola, pada 6 Oktober 2014 UPN Veteran  menjadi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Veteran di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Dan pada 31 Mei 2021, UPN menjadi PTN Badan Layan Umum (BLU) melalui Keputusan Menteri Keuangan RI.

Sementara itu Yuliawan Tri Nugroho selaku Pengendali Teknis Perwakilan BPKP DIY menjelaskan maksud dan tujuan penugasan Evaluasi Kinerja BLU Pendidikan Tinggi. Evaluasi Kinerja dilakukan akan mencakup aspek keuangan dan aspek operasional, dengan tujuan untuk menilai efektifitas penerapan BLU yang berkaitan dengan aktifitas, SDM, sarana dan prasarana, tingkat mahasiswa, serta memotret perbandingan sebelum dan sesudah menjadi BLU. Evaluasi kinerja juga dilakukan pada risiko fraud, untuk melihat apakah UPN Veteran Yogyakarta sudah melakukan identifikasi area risiko untuk mendeteksi fraud/kecurangan. Pada akhir pengarahannya, Yuliawan berharap UPN Veteran Yogyakarta sudah melakukan penilaian mandiri SPM, yang akan menjadi dasar dilakukannya Evaluasi Kinerja.

(Kominfo BPKP DIY/Retno)