Kunjungan Koordinasi Inspektorat Kabupaten Purworejo

Rabu (19/1) Inspektur Kabupaten Purworejo R. Achmad Kurniawan Kadirdidampingi Sekretaris dan beberapa PFA berkunjung di kantor Perwakilan BPKP D.I. Yogyakarta. Kehadiran rombongan yang diterima langsung oleh Kepala Perwakilan Adi Gemawandidampingi oleh KOrwas APD, Arzad, Korwas P3A, Ratna Wijiastuti, dan Korwas Investigasi, Ety Farida. Selain bersilaturahmi juga untuk melakukan konsultasi dan koordinasi pengawasan di awal tahun 2022.

Pada kesempatan tersebut Inspektur menyatakan bahwa hasil validasi atas penilaian baseline SPIP Terintegrasi Kabupaten Purworejo belum mencapai Level 3. Untuk itu Inspektur berkomitmen akan menidaklanjuti rekomenadasi hasil basedline, dan akan melakukan percepatan pemenuhan Level 3, dengan harapan BPKP DIY bersedia memberikan Bimbingan Teknis secara intensif kepada Inspektorat dan Perangkat Daerah di Kabupaten Purworejo.

Begitujugadengan Kapabilitas APIP, kekhawatiran dirasakan oleh Achmad Kurniawan Kadir akan adanya penurunan kualitas pengawasan pada Inspektorat Kabupaten Purworejo sehingga tidak lagi sesuai dengan pemenuhan APIP Level 3.

Dalam mengemban amanah pelaksanaan Probity Audit, Inspektur menginginkan adanya joint audit dengan BPKP DIYatas  program strategis Kabupaten Purworejo, bukan sekedar Bimbingan Teknis maupun Quality Assurance. Berbeda dengan Post Audit, Probity Audit diharapkan dapat mengawal dengan baik setiap tahapan dan proses sehingga potensi penyimpangan dapat segera terdeteksi dan diperbaiki. BPKP DIY juga diharapkan mengawal BLUD dalam mewujudkan tata kelola yang baik.

Menyambut apa yang disampaikan Inspektur Kabupaten Purworejo, Kepala Perwakilan BPKP DIY menyatakan komitmennya melakukan Bimbingan Teknis dan pendampingan untuk mencapai SPIP Terintegrasi Level 3, peningkatan kapasitas APIP, serta pengawalan program strategis. Adi Gemawan juga mengingatkan pentingnya Manajemen Risiko dalam tata kelola yang nantinya akan dikolaborasikan dengan SPIP Terintegrasi dan Indeks Efektifitas Pengendalian Korupsi (IEPK). Untuk mencapai itu semua, kapabilitas dan peran APIP harus diperkuat, Level 3 yang telah dicapai harus benar-benar dijaga dan diinternalisasikan dalam seluruh kegiatan APIP.

(Humas BPKP DIY/ 4ita)