Deputi Bidang Akuntan Negara

Survei Kepuasan Stakeholders Tahun 2019

Untuk mendukung pengukuran capaian kinerja, dilaksanakan survei kepuasan stakeholder atas layanan BPKP secara komprehensif, dalam hal ini Deputi Bidang Akuntan Negara. Hasil analisis survei dipergunakan untuk:

  • mengevaluasi kepuasan takeholder terhadap layanan yang diberikan;
  • bahan kebijakan terhadap layanan publik;
  • melihat kecenderungan (trend) layanan publik yang telah diberikan penyelenggara kepada stakeholder, serta
  • mengevaluasi kinerja penyelenggara layanan publik dalam rangka mendorong penyelenggara layanan meningkatkan kualitas layanan kepada stakeholders.

Survei yang dilakukan secara periodik oleh Deputi Bidang Akuntan Negara ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pengukuran Skala Likert. Skala Likert adalah suatu skala psikometrik yang umum digunakan dalam kuesioner (angket) dan merupakan skala yang paling banyak digunakan dalam riset berupa survei. Metode ini dikembangkan oleh Rensis Likert. Skala Likert adalah skala yang dapat dipergunakan untuk mengukur sikap, pendapat, dan persepsi seseorang atau sekelompok orang terhadap suatu jenis layanan publik. Pada skala Likert, responden diminta untuk menentukan tingkat persetujuan mereka terhadap suatu pernyataan dengan memilih salah satu dari pilihan yang tersedia.

Unsur-unsur penilaian dalam Survei Kepuasan Stakeholders 

Unsur Survei Kepuasan Stakeholders terdiri dari:

  1. Persyaratan
  2. Sistem, Mekanisme, dan Prosedur
  3. Waktu Penyelesaian
  4. Biaya/Tarif
  5. Produk Spesifikasi Jenis Pelayanan
  6. Kompetensi Pelaksana
  7. Perilaku Pelaksana
  8. Penanganan Pengaduan, Saran, dan Masukan
  9. Sarana dan Prasarana

Skor Indeks Kepuasan Stakeholders

Skor Indeks Kepuasan Stakeholders Deputi Bidang Akuntan Negara Tahun 2019 adalah 83,00 dengan predikat “BAIK”. Jika dibandingkan dengan skor tahun 2018 sebesar 86,36, Indeks Kepuasan Stakeholders 2019 mengalami penurunan skor sebesar 3,36 poin. Skor Indeks Kepuasan Stakeholders secara grafik digambarkan sebagai berikut:


Share