DEPUTI BIDANG AKUNTAN NEGARA TURUT BERPATISIPASI PADA INTERNATIONAL CONFERENCE ON SUSTAINABILITY

Bali (15/7/2022), Deputi Bidang Akuntan Negara BPKP dengan diwakilkan oleh Koordinator Pengawasan Badan Usaha (BU) Kawasan Industri dan Perumahan pada Direktorat Pengawasan BU Konektivitas, Pariwisata, Kawasan Industri dan Perumahan Robertus Mauro Nugroho Putro berpatisipasi aktif dalam International Conference on Sustainability in Asia dengan memberikan paparan yang berjudul “The Development of an ESG Supervisory Framework Towards Net Zero Emission”.

Pada acara yang berlangsung di hotel Holiday Inn Baruna Resort Bali ini Mauro menyampaikan bahwa sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 192 Tahun 2014 saat ini, BPKP menjalankan fungsi pengawasan keuangan dan pembangunan atas pelaksanaan pertanggungjawaban keuangan negara, Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah dan Badan Usaha Milik Negara/Daerah. Dan berdasarkan hal tersebut BPKP diharapkan mampu mengawal pencapaian program nasional terkait climate change resilience melalui pengembangan kerangka pemantauan ESG menuju net zero carbon.

Ia menambahkan bahwa pengembangan kerangka pemantauan ESG menuju net zero carbon bertujuan untuk mengembangkan green economy ke dalam Badan Usaha Milik Negara (BUMN), lembaga pemerintah, atau pemerintah daerah di Indonesia. Khusus untuk BUMN program ini nantinya diharapkan dapat memperluas peran auditor internal BUMN untuk dapat memantau kepatuhan dan pelaporan ESG secara independen.