Deputi Akuntan Negara menjadi sampel Kearsipan Terbaik dalam rangka Pengawasan Kearsipan Nasional

Jakarta (24/6/2022) Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan menerima kunjungan kegiatan verifikasi lapangan pengawasan kearsipan eksternal di lingkungan BPKP oleh Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI). Kegiatan ini ditujukan sebagai pelaksanaan tugas yang diamanatkan pada Peraturan ANRI Nomor 6 tentang Pengawasan Kearsipan bahwa pengawasan atas pelaksanaan penyelenggaraan kearsipan terbagi menjadi dua yaitu eksternal dan internal. Pada Tahun 2021, BPKP terpilih menjadi salah satu dari beberapa Lembaga Pemerintahan Non Kementerian yang mendapatkan peringkat 10 (sepuluh) terbaik dengan kategori A “Memuaskan”. Untuk Tahun 2022, BPKP berkomitmen mempertahankan kategori terebut dan berupaya untuk mendapat peringkat yang lebih baik. 

Kunjungan Auditor ANRI tersebut disambut langsung oleh Kepala Biro Umum dan Pengadaan Barang/Jasa BPKP, Farid Firman. Kegiatan tersebut juga dihadiri dan disambut oleh beberapa pejabat struktural yang ada di Biro Umum dan Pengadaan Barang/Jasa di lingkungan BPKP, Koordinator Pengawasan serta para arsiparis pada Unit Kedeputian Bidang Akuntan Negara . 

Pada kesempatan ini, ANRI melakukan sampling ke dua unit kerja yang turun langsung melihat kondisi kearsipan, yakni Unit Biro Umum dan Kedeputian Bidang Akuntan Negara, khususnya pada Direktorat Pengawasan BU Jasa Keuangan, Jasa Penilai dan Manufaktur (Direktorat 3).

Tim Audit Pengawasan Kearsipan Internal BPKP telah melakukan penilaian sementara terhadap seluruh unit pengolah yang ada di lingkungan BPKP Pusat sejumlah 33 unit pengolah. Dari hasil penilaian sementara tersebut, Direktorat 3 Deputi Bidang Akuntan Negara mendapatkan kategori A “Memuaskan”. 

Proses pengawasan kearsipan internal ini dilakukan melalui beberapa tahapan sesuai dengan aturan yang ditetapkan. Adapun tahapan tersebut adalah pengisian formulir ASKI, pengumpulan bukti dukung, wawancara terhadap objek pengawasan, pengamatan langsung, penyusunan hasil sementara.

 

-Humas DAN-