MEMORANDUM OF UNDERSTANDING DAN WEBINAR DEVELOPING A ROADMAP FOR CLIMATE RESILIENCE

Hadir dalam acara tersebut mewakili Kepala BPKP Deputi Bidang Pengawasan Instansi Pemerintah Bidang Politik, Hukum, Keamanan, Pembangunan Manusia, dan Kebudayaan  BPKP Iwan Taufiq Purwanto, Deputi Bidang Akuntan Negara BPKP Sally Salamah, Presiden Yayasan Monash University Indonesia, Professor Andrew James MacIntyre serta beberapa perwakilan Direksi BUMN.

Pada sambutannya Iwan menyampaikan bahwa Pemerintah saat ini membuat tiga strategi utama Pembangunan Rendah Karbon (PRK) sebagai bagian penting dari implementasi Ekonomi Hijau, yaitu: kebijakan net zero emissions untuk menurunkan emisi gas rumah kaca, stimulus hijau untuk pemulihan ekonomi, serta implementasi kebijakan PRK untuk memenuhi target net zero carbon.

 

Lebih lanjut ia menyampaikan bahwa sebagai auditor intern presiden, BPKP memiliki peran strategis dalam membantu pemerintah untuk mencapai target net zero carbon melalui pengawasan lintas sektoral melalui peran consulting dan assurance atas keberhasilan program PRK untuk menuju ekonimi hijau di Indonesia. Dan untuk mengoptimalkan peran tersebut maka roadmap pengawasan BPKP perlu dikembangkan untuk mendukung keberlanjutan program PRK. Tidak hanya pengawasan atas akuntabilitas keuangan, namum kita juga perlu mengawal keberhasilan program PRK dari aspek sosial dan lingkungan.

 

Sedangkan Andrew MacIntyre pada kesempatan berikutnya menyampaikan rasa bangganya karena adanya kegiatan MOU ini karena dapat membantu pengembangan sustainability development di Indonesia, “This agreement will allow Monash experts the opportunity to work with one of Indonesia’s most important national agencies. We are proud to be providing expertise that will help Indonesia meet its economic and sustainable development goals”.

 

Setelah MOU, acara kemudian dilanjutkan Webinar. Hadir sebagai narasumber  diantaranya Deputi Bidang Akuntan Negara BPKP Sally Salamah, Climateworks Centre CEO Anna Skarbek, Deputi Bidang Keuangan dan Manajemen Risiko Kementerian BUMN Nawal Nely, serta Direktur Keuangan PT Pertamina Emma Sri Martini. Sedangkan yang bertugas sebagai moderator adalah Direktur Pengawasan BU Agrobisnis, Infrastruktur dan Perdagangan Deputi Bidang Akuntan Negara BPKP Heli Restiati dan Climateworks Centre Sustainable Finance Lead Dr John Vong.

 

Humas DAN