Tekankan Etika Perilaku dalam Pelaksanaan Tugas

 

 

Kegiatan Doa Bersama (dober) yang diikuti oleh seluruh pegawai di lingkungan Inspektorat BPKP secara daring tersebut, diawali dengan pembacaan doa oleh Basjar Muljoadjie. Dalam kegiatan dober, selalu dibacakan aturan perilaku BPKP sebagai pengingat kepada seluruh pegawai di lingkungan Inspektorat untuk senantiasa mematuhi aturan perilaku BPKP dalam pelaksanaan tugas sehari-hari. Pembacaan aturan perilaku kali ini dibacakan oleh Indayanita Susia. Poin penting dalam aturan ini adalah setiap pegawai harus mematuhi standar prosedur operasional dan pedoman kegiatan  BPKP.

Pada kesempatan berikutnya, dalam sesi sharing pengalaman yang disampaikan oleh Rosa Arintoko menjelaskan bahwa auditor harus selalu memperluas ilmu pengetahuannya.

“Pada intinya, bahwa kita sebagai auditor harus selalu mengasah ilmu kita, memperbanyak ilmu kita, dan memperdalam ilmu kita”, jelas Rosa.

Melanjutkan cerita Rosa, Koordinator Pengawasan Bidang Penegakan Integritas dan Penanganan Pengaduan Suproni, menyampaikan pengalaman kerjanya di BPKP bahwa penguasaan ilmu audit dalam dunia kerja di BPKP itu sangat penting. Suproni menekankan untuk selalu membaca dengan teliti, benar, dan menganalisis secara kritis korelasinya dalam setiap kasus audit yang ditangani.

Menjelang akhir kegiatan, Buntoro menyampaikan arahan agar pegawai Inspektorat selalu meningkatkan kinerja dan pengelolaan manajemen risiko sebagai individu dan kesatuan unit Inspektorat BPKP, serta mematuhi kode etik aturan perilaku dalam menjalankan tugas.

“Dengan  menerapkan metode continuous audit continuous monitoring (CACM) dalam pelaksanaan pengawasan intern, diharapkan mampu mengurangi, dan mengiliminir risiko-risiko yang melekat pada kegiatan strategis BPKP,”  jelas Buntoro.

Buntoro juga menyampaikan betapa pentingnya kegiatan ini untuk Inspektorat. “Doa Bersama ini diharapkan bisa menjadi ajang temu kita, semua auditor Inspektorat, pejabat struktural, maupun pejabat arsiparis dan teman-teman tata usaha. Ini bagian dari komunikasi kita”, tambahnya.

Untuk tetap semangat dalam bekerja, kegiatan Doa Bersama ini ditutup dengan yel-yel yang dipandu oleh Billie Dwipayana.

 

Humas Inspektorat/tan,yan