Inspektorat Kawal Laporan Keuangan BPKP 2019 untuk Tetap “WTP”

 

Acara yang digelar di aula Perwakilan BPKP Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta tersebut diikuti oleh para pejabat dan staf dari seluruh unit kerja di lingkungan BPKP yang terkait dalam penyusunan Laporan Keuangan BPKP Tahun 2019. Kegiatan ini dimulai Senin (3/02) dan rencananya akan berakhir Jumat (7/02) dengan pembahasan akhir berupa hasil reviu Inspektorat.

Dalam sambutannya, Yus Muharam menjelaskan bahwa reviu Inspektorat terhadap Laporan Keuangan BPKP tersebut merupakan mandat dari Menteri Keuangan melalui Peraturan Menteri Keuangan Nomor 9/PMK.09/2015 tentang Standar Reviu atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat. “Sesuai dengan tujuan reviu yaitu untuk memberikan keyakinan terbatas mengenai akurasi laporan keuangan, jika tim reviu Inspektorat menemukan kelemahan dalam proses konsolidasi, maka saya minta kerja sama antar semua unit kerja yang terlibat,” harap Yus Muharam.

Lebih lanjut, Yus Muharam menjelaskan bahwa fokus reviu Inspektorat tahun ini adalah Laporan Keuangan Unit Kerja yang akan disampling oleh auditor eksternal, revaluasi BMN dan temuan berulang di unit kerja.

 

Kominfo Inspektorat/tan