Integritas Diri melalui Penandatanganan Pakta Integritas

Acara digelar di ruang rapat lantai 7 Gedung Pusat BPKP ini diikuti oleh seluruh Koordinator Pengawasan (Korwas) meliputi Korwas Bidang Penjaminan Akuntabilitas Ahmad Muhyidin, Korwas Bidang Pelayanan Konsultasi dan Penjaminan Mutu dan Korwas Bidang Penegakan Integritas dan Penanganan Pengaduan Djoko Wahyono,  Kasubag Tata Usaha Roki’in, serta seluruh Pejabat Fungsional Auditor, Pejabat Fungsional Umum dan Fungsional Lainnya di lingkungan Inspektorat BPKP. 

Sebelum acara penandatanganan, Djoko Wahyono membacakan isi dari Pakta Integritas yang terdiri dari delapan poin, meliputi sikap dan tindakan yang harus sesuai dengan Aturan Perilaku Pegawai BPKP; menjadi contoh kepatuhan dalam pelaksanaan tugas; transparan, jujur, objektif dan akuntabel; juga berusaha memenuhi standar profesi. Selain itu juga harus berperan secara proaktif dalam pencegahan dan pemberantasan korupsi, kolusi dan nepotisme; anti gratifikasi dalam bentuk apapun; menghindari pertentangan kepentingan; dan menyampaikan informasi penyimpangan integritas yang terjadi di BPKP.

Acara diakhiri dengan sambutan dan arahan oleh Inspektur BPKP Yus Muharam, yang menjelaskan bahwa kegiatan ini bukan seremonial semata, melainkan untuk dilaksanakan oleh seluruh pegawai di lingkungan Inspektorat BPKP. “Ini harus  benar-benar kita laksanakan di Tahun 2020 dan seterusnya,” jelas Muharam.

"Dengan penandatanganan Pakta Integritas ini, mari kita melaksanakan komitmen kita dengan sebaik-baiknya," pungkasnya.

 

Humas Inspektorat/Tan