Deputi Akuntan Negara semakin serius membahas Sustainabillity Audit

Akhir-akhir ini cuaca sering tidak menentu. Hari-hari terasa panas bahkan di malam hari. Apa yang terjadi dengan bumi kita ini?

Ternyata hal ini disebabkan oleh peningkatan suhu bumi akibat emisi gas. Dampak peningkatan suhu bumi ternyata tidak hanya mempengaruhi iklim tapi juga mengancam kestabilan ekonomi suatu negara. Bayangkan jika kelak lahan pertanian semakin menipis, bahan baku mulai sulit didapat dan bencana alam semakin sering terjadi.

Karena itulah Pemerintah turut berkomitmen atas penurunan emisi gas 29 derajat hingga 41 derajat. BPKP pun terpanggil untuk segera mengambil peran dalam mendukung aksi tersebut. Pada tanggal 11 Agustus 2022, BPKP melalui Deputi Akuntan Negara melakukan diskusi bersama Dr. Matthew French, Director Research Missions and Global Impact, Monash University dan Dr. John Vong,Sustainable Finance System Lead of Climateworks Centre, membahas project “Pengembangan Kerangka Pengawasan ESG (Environmental, Social, and Governance) Menuju Net-Zero Emission: Proyek Terkait Ketahanan Perubahan Iklim”. Dalam diskusi kali ini, tim BPKP dan tim Monash membahas progres yang telah dilakukan Tim Bersama (climate work joint team) dan bagaimana kolaborasi dapat terjalin sehingga memberikan dampak nyata terhadap perubahan sistem di Indonesia.

Heli Restiati, Direktur Pengawasan Badan Usaha Argobisnis, Infrastruktur dan Perdagangan, menyampaikan bahwa project ini akan memberikan manfaat bagi Pemerintah untuk mempercepat pencapaian net zero emission dengan melibatkan seluruh stakeholders. Selain itu, program ini juga diharapkan agar dapat meningkatkan kapasitas dan peran BPKP dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan.

Pertemuan ini merupakan keberlanjutan dari sejumlah agenda yang telah direncanakan bersama dengan ClimateWork Center, Monash Universty dalam project bersama menuju net zero emmision. Sebelumnya, BPKP melalui Deputi Akuntan Negara telah menggelar MoU kerjasama dengan Monash University di awal tahun 2022, kemudian dilanjutkan dengan workshop ESG  yang dilaksanakan di Bogor.

 

-Humas DAN-