Bupati Malinau Siap Tindaklanjuti Hasil Evaluasi Perencanaan dan Penganggaran Tahun 2023

MALINAU – Bertempat di Ruang Intulun Kantor Bupati Malinau telah digelar kegiatan Pembahasan Hasil Evaluasi Perencanaan dan Penganggaran (Evran) Tahun 2023 yang dihadiri Bupati Malinau beserta jajaran, Rabu, (31/5/2023).

Kegiatan dibuka oleh Inspektur Kabupaten Malinau yang dilanjutkan dengan sambutan oleh Bupati Malinau Wempi W. Mawa. Berikutnya Kepala Perwakilan (Kaper) BPKP Provinsi Kalimantan Utara Felix Joni Darjoko memaparkan materi.

Pada kesempatan tersebut, Felix memberikan penjelasan terkait dengan dasar hukum dan tujuan Evran, selanjutnya dirinya menjelaskan terkait dengan isu-isu strategis yang ada pada Kabupaten Malinau yang terjabarkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) maupun Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Malinau.

Fokus utama dalam penugasan Evran tahun 2023 ada pada 3 sektor, yaitu sektor ketahanan pangan, sektor pariwisata dan sektor pengentasan kemiskinan. Ketiga sektor tersebut dipilih karena sektor ketahanan pangan dan sektor pariwisata merupakan sektor wajib yang harus dievaluasi, sedangkan sektor pengentasan kemiskinan merupakan sektor pilihan.

Felix memaparkan bahwa ultimate outcome ketiga sektor tersebut berpotensi tidak tercapai. Belum terbentuknya crosscutting antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang seharusnya terlibat, belum optimalnya intervensi pemerintah daerah serta adanya potensi tidak efektif serta tidak efisien atas pelaksanaan anggaran yang telah termuat dalam Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) untuk penyelesaian isu atau permasalahan ketiga sektor tersebut.

Acara dilanjutkan dengan tanggapan dari tiap OPD terkait dalam penanganan penyelesaian isu dari tiga sektor tersebut dan ditutup oleh Bupati Kabupaten Malinau yang siap untuk menindaklanjuti hasil Evran tersebut.

 

(Kominfo BPKP Kaltara/Bidang APD)