Sosialisasi Penanganan Benturan Kepentingan di Lingkungan Pemkot Tarakan

TARAKAN - Pada hari Senin (14/11/2022), telah laksanakan Sosialisasi Penanganan Benturan Kepentingan di Lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Tarakan.
 
Kegiatan dibuka oleh Wali Kota Tarakan, yang dalam hal ini diwakili oleh Sekretaris Kota Tarakan, H. A. Hamid. Peserta kegiatan sosialisasi terdiri atas Sekretaris Organisasi Perangkat Daerah (OPD) atau pejabat yang mewakili di Lingkungan Pemerintah Kota Tarakan, Auditor dan Pejabat Pengawas Penyelenggaraan Urusan Pemerintah Daerah (PP2UPD) pada Inspektorat Kota Tarakan.
 
Usai laporan panitia disampaikan oleh Inspektur Kota Tarakan, Abd. Azis Hasan, kegiatan dilanjutkan dengan sambutan oleh Sekretaris Daerah Kota Tarakan yang sekaligus membuka kegiatan sosialisasi. Berikutnya dilanjutkan oleh Koordinator Pengawasan (Korwas) Bidang Investigasi Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Utara I Ketut Arsa yang menjadi narasumber dalam kegiatan tersebut, dengan didampingi oleh Pejabat Fungsional Auditor (PFA) Bidang Investigasi, Nada Zakiya.
 
Beberapa hal yang disampaikan Arsa, yakni terkait pengertian, karakteristik, bentuk, penyebab fraud; hubungan antara fraud; korupsi dan benturan kepentingan; benturan kepentingan dari perspektif Indeks Efektivitas Pegendalian Korupsi (IEPK) dan reformasi Birokrasi-Pembangunan Zona Integritas serta dirangkaikan dengan Sosialisasi Peraturan Wali Kota Tarakan Nomor 39 Tahun 2020 tentang Pedoman Penanganan Benturan Kepentingan di Lingkungan Pemerintah Kota Tarakan.
 
Pada kesempatan tersebut, Sekretaris Kota Tarakan menyampaikan terima kasih atas kesediaan Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Utara dalam memberikan materi terkait Penanganan Benturan Kepentingan.
 
Selanjutnya dari hasil sosialisasi ini diharapkan tidak berhenti hanya pada tataran sosialisasi, namun peserta diharapkan dapat melakukan sharing knowledge kepada pegawai yang lain di OPD masing-masing terkait penanganan benturan kepentingan dan lebih jauh pada pengendalian kecurangan.
 
(Kominfo BPKP Kaltara)