Library Café BPKP Kaltara : Manajemen Risiko Di Lingkungan BPKP Kaltara

TARAKAN - Library Café Corner 34 Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Utara (BPKP Kaltara) mempersembahkan acara LIBRARY CAFÉ dengan tema "Manajemen Risiko Di Lingkungan Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Utara", Jumat (4/11/2022).
 
Acara diisi oleh narasumber dari Pejabat Fungsional Auditor (PFA), Jarry Roy Buana Hutagaol dan Rizki Dita Ramadani serta diikuti secara luring dan daring oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Utara Rusdy Sofyan beserta para pegawai lainnya.
 
Pada kesempatan tersebut, Rizki Dita menyampaikan terkait risiko.
 
“Definisi Risiko adalah kemungkinan terjadinya akibat yang tidak diinginkan. Sedangkan Manajemen Risiko adalah kegiatan terencana dan terukur untuk mengelola dan mengendalikan risiko. Hal ini dijelaskan menjadi unsur risiko yang terdiri dari kemungkinan kejadian atau peristiwa, dampak atau konsekuensi, dan kemungkinan kejadian dalam bentuk probabilitas,” jelas Rizki Dita.
 
“Pentingnya Manajemen Risiko yaitu supaya meminimalisir terjadinya risiko atau untuk mitigasi risiko,” tambahnya.
 
Selanjutnya, Jarry menjelaskan terkait alur Manajemen Risiko.
“Alur Manajemen Risiko merupakan penerapan kebijakan, prosedur, dan praktik manajemen secara sistematis. Proses Manajemen Risiko terdiri atas: a) penetapan konteks; b) identifikasi risiko; c) analisis risiko; d) evaluasi risiko; e) respons risiko; f) pemantauan; dan g) informasi dan komunikasi,” ujarnya.
 
Acara dilanjutkan dengan sesi tanya-jawab dan kuis Kahoot! dengan para peserta acara Library Café.
 
(Kominfo BPKP Kaltara)