Pelatihan Penyusunan Dokumen BLUD Puskesmas Kabupaten Pohuwato Tahun 2023

Gorontalo (27/2)Bertempat di Aula Barakati Hotel Grand Q, telah dilaksanakan acara Pelatihan Penyusunan Dokumen BLUD Puskesmas Kabupaten Pohuwato Tahun 2023.

Kegiatan dihadiri oleh Kepala Perwakilan (Kaper) BPKP Provinsi Gorontalo Heru Tarsila, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pohuwato, Koorwas Bidang Akuntan Negara, dan 16 Puskesmas di Kabupaten Pohuwato.

Pelaksanaan pendampingan penyusunan dokumen BLUD dilaksanakan selama 5 hari yaitu mulai tanggal 27 Februari sampai dengan 3 Maret 2023, yang dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pohuwato yang dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Perwakilan BPKP Provinsi Gorontalo yang meluangkan waktunya untuk membimbing dan mendampingi tim penyusun dokumen BLUD Puskesmas Kabupaten Pohuwato.

Kemudian sambutan dari Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Gorontalo, Heru Tarsila menyampaikan bahwa penyusunan dokumen BLUD di Puskesmas merupakan hal yang tidak tidak bisa ditunda, hal ini sesuai dengan tujuan dari puskesmas untuk melayani masyarakat lebih baik. Fleksibilitas merupakan keleluasaan dalam pola pengelolaan keuangan dengan  menerapkan praktek  bisnis yang sehat untuk  meningkatkan layanan kepada  masyarakat tanpa mencari  keuntungan dalam rangka  memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan  kehidupan masyarakat.

Korwas Bidang Akuntan Negara, Mahendro Bawono Yudha menyampaikan materi penyusunan Rencana Strategis Bisnis Puskesmas mulai dari teori tentang renstra BLUD, tata cara penyusunan sampai proses penyusunan draft dokumen Renstra sebagai dasar persyaratan administrasi penerapan BLUD Puskesmas dan tim teknis Perwakilan BPKP Provinsi Gorontalo manyampaikan materi persyaratan administrasi penerapan BLUD Puskesmas mulai dari Pola Tata Kelola Keuangan Standar Pelayanan  Minimal (SPM) sampai dengan penyusunan Rencana Bisnis dan Anggaran (RBA).

(kominfobpkpgorontalo/bidangAN/RY)