Workshop Evaluasi Pengelolaan Keuangan dan Pembangunan Desa Tahun 2022 Kabupaten Gorontalo

Gorontalo(16/11) Perwakilan BPKP Provinsi Gorontalo bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Gorontalo menyelenggarakan kegiatan “Workshop Evaluasi Pengelolaan Keuangan dan Pembangunan Desa Tahun 2022 di Kabupaten Gorontalo”, yang bertempat di Hotel Aston, Gorontalo.

Kegiatan workshop melibatkan narasumber dari Komisi XI DPR RI, Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI, Kantor Wilayah Direktorat Jendesal Perbendaharaan Provinsi Gorontalo, dan Perwakilan BPKP Provinsi Gorontalo. Kegiatan dihadiri oleh Bupati Gorontalo, Sekretaris Daerah Gorontalo dan beberapa Pimpinan OPD terkait (Inspektorat Daerah, Bapppeda, Badan Keuangan, Dinas PMD, Dinas Kesehatan, Dinas Perindagkop, Dinas Kominfo, Dinas Dukcapil) serta Camat dan Kepala Desa di lingkup Pemerintah Kabupaten Gorontalo.

Pelaksanaan kegiatan workshop dilatarbelakangi oleh perlunya upaya pengawalan dan pengawasan kolaboratif atas akuntabilitas pengelolaan keuangan dan pembangunan desa dalam rangka mengatasi dampak ekonomi dari pandemi Covid-19. Dalam menyikapi dampak ekonomi dari pandemi Covid-19 tersebut, Pemerintah melalui Peraturan Presiden Nomor 104 Tahun 2021 tentang Rincian APBN Tahun 2022 telah mengambil kebijakan berupa Refocussing Penggunaan Dana Desa Tahun 2022 pada tiga fokus utama, yaitu penggunaan Dana Desa untuk: 1) Bantuan Langsung Tunai Desa, 2) Penanganan Covid-19, dan 3) Ketahanan Pangan.

Kegiatan workshop bertujuan membangun komitmen dan upaya bersama Pemerintah Daerah, Kecamatan, dan Desa dalam mengelola penggunaan Dana Desa sesuai yang diprioritaskan Pemerintah dan mendorong pengelolaan Dana Desa yang cepat, tepat dan terpadu, khususnya dalam upaya penanganan dampak ekonomi dari pandemi Covid-19. Selain itu, kegiatan workshop ini diharapkan dapat menghasilkan desain pembinaan dan pengawasan intern secara kolaboratif antar Instansi Pemerintah dalam upaya mengawal dan mengawasi akuntabilitas pengelolaan keuangan dan pembangunan desa secara keseluruhan.

(kominfobpkpgorontalo/BidanAPD)