Peningkatan Kapasitas Penerapan Aplikasi Bumdes Sakti

Gorontalo(14/11) Peningkatan kapasitas penerapan pengelolaan keuangan BUMDES melalui Aplikasi BUMDES SAKTI Se-kabupaten Bone Bolango dihadiri oleh Kepala Perwakilan BPKP Gorontalo, beberapa pejabat daerah, serta 14 Bumdes se Kabupaten Bone Bolango.

Menurut Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Gorontalo Heru Tarsila, BPKP telah menyusun aplikasi yang akan memudahkan  dalam mengelola keuangannya sesuai dengan aturan-aturan yang sudah ada dan diharapkan aplikasi ini dapat membuat berbagai dalam pengelolaan keuangan menjadi lebih mudah. Aplikasi SIA BUMDESA SAKTI dapat menghasikan laporan keuangan yang transparan, partisipatif, berakuntabilitas, dan taat asas. Jika operator yang latar belakangnya akuntansi akan lebih cepat dalam memahamin aplikasi ini, dan nantinya jika dalam menerapkan aplikasi terdapat hal-hal yang kurang jelas dan ingin ditanyakan, Perwakilan BPKP Provinsi Gorontalo selalu siap mendampingi dalam mengoperasikan aplikasi tersebut.

Wakil Bupati Bone Bolango yang diwakili oleh Asisten III Bidang Adm. Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Bone Bolango, menyatakan bahwa apresiasi diberikan kepada Perwakilan BPKP Gorontalo karena telah memfasilitasi penerapan aplikasi SIA Bum Desa. Dengan adanya ini, ada beberapa manfaat yang diterima oleh Bumdes antara lain, Menciptakan laporan keuangan Bumdes yang partisipatif, transparan, akuntabilitas, dan taat azas, Mempermudah pengawasan bumdes, Merubah pemahaman dari mindset yang bersifat konvensional menjadi digital. Dengan adanya aplikasi ini, bumdes dapat menyajikan laporan keuangan secara digital.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas penerapan pengelolaan keuangan bumdes.

Setelah dibuka oleh Asisten III Bidang Adm. Kesejahteraan Masyarakat Kabupaten Bone Bolango, bimbingan teknis dalam rangka Pengelolaan Keuangan Bumdes melalui Penerapan Aplikasi Bumdes Sakti dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh tim teknis Perwakilan BPKP Provinsi Gorontalo dan BPKP Pusat.

(kominfobpkpgorontalo/bidangAN)