BPKP Gorontalo Berikan Pemahaman Pengelolaan Keuangan BUMDes Kepada Mahasiswa UNG

Gorontalo(4/8) Perwakilan BPKP Gorontalo menghadiri kegiatan Workshop Kerjasama dan Praktek Pendampingan Pengelolaan Keuangan Bumdes Universitas Negeri Gorontalo(UNG)di Hotel Damhill Gorontalo.

Sambutan oleh Kajur UNG Prodi S1 Akuntansi Niswatin, Niswatin mengucapkan terimakasih kepada para pemateri yang telah hadir dan berkenan mengisi workshop dan diharap para mahasiswa S1 Akuntansi dapat menyerap ilmu yang diberikan oleh para pemateri. Dilanjut dengan sambutan dan pembukaan acara oleh PJS Dekan Rio Monoarfa, Rio menyampaikan kegiatan ini karena adanya tuntutan pencapaian indikator utama kinerja kementerian program kompetisi kampus merdeka(PKKM) dan peningkatan anggaran dana desa. BUMDes adalah salah satu syarat untuk diturunkan dana desa, namun realitanya Bumdes masih banyak terkendala dalam pengelolaan keuangan, untuk menindaklanjuti hal ini maka UNG bekerjasama dengan pemerintah desa mengadakan magang mahasiswa untuk membantu mengelola keuangan BUMDes.

Agus Taufik selaku pemateri dari BPKP Provinsi Gorontalo menyampaikan terimakasih kepada UNG telah memberi kesempatan kepada BPKP Provinsi Gorontalo untuk mengisi kegiatan Workshop Kerjasama dan Praktek Pendampingan Pengelolaan Keuangan BUMDes. Kita mendukung adanya program ini karena dapat membantu mengelola laporan keuangan Bumdes untuk semakin baik lagi.

Agus juga menyampaikan tujuan pendirian Bumdes menurut PP 11 Tahun 2021 adalah melakukan kegiatan usaha ekonomi melalui pengelolaan usaha serta pengembangan investasi dan produktivitas perekonomian dan potensi desa, Melakukan kegiatan pelayanan umum melalui penyediaan barang dan/atau jasa serta pemenuhan kebutuhan umum masyarakat Desa, dan mengelola lumbung pangan Desa, Memperoleh keuntungan atau laba bersih bagi peningkatan pendapatan asli Desa serta mengembangkan sebesar-besarnya manfaat atas sumber daya ekonomi masyarakat Desa, Pemanfaatan Aset Desa guna menciptakan nilai tambah atas Aset Desa dan Mengembangkan ekosistem ekonomi digital di Desa.tak hanya itu terdapat juga pembahasan tentang Kebijakan Penggunaan Dana BUM Desa, Konsep dasar BUM Desa dll.

(kominfobpkpgorontalo/sj)