Koordinasi dan Sinergi Antara BPKP dan Pemda Boalemo

Gorontalo(20/7) Rombongan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Gorontalo bersilaturrahmi ke Tilamuta dalam rangka meningkatkan Koordinasi dan Sinergitas dalam bidang pengawasan antara BPKP dan Pemerintah Daerah Kabupaten Boalemo. Lawatan ini merupakan kunjungan dinas ke 3 dari rangkaian koordinasi ke Pemda di Wilayah Provinsi Gorontalo, setelah Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Bone Bolango pada Senin tanggal 18 Juli 2022 lalu.

Heru Tarsila memperkenalkan diri sebagai selaku Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Gorontalo, yang pengukuhannya dilaksanakan pada Rabu, 13 Juli 2022 oleh Penjabat Gubernur Gorontalo di Rumah Jabatan Gubernur. Beliau juga didampingi oleh Koordinator Pengawasan Bidang Akuntan Negara, Koordinator Pengawasan Bidang Akuntabilitas Pemerintah daerah dan Koordinator Pengawasan Bidang Investigasi beserta Tim. Kunjungan tersebut disambut gembira oleh Penjabat Bupati Boalemo, Sekretaris Daerah, Kepala Badan Keuangan, Asisten I, Asisten II dan Direktur Perumda Air Minum Tirta Boalemo.

Pada kesempatan tersebut, Heru Tarsila juga menyampaikan kabar gembira kepada Dr. Hendriwan sebagai Penjabat Bupati Boalemo bahwa Hasil Evaluasi Kinerja Perumda Air Minum Tirta Boalemo Tahun 2021 Berkinerja Sehat. Bupati  selaku Kuasa Pemilik Modal layak bangga dengan capaian kinerja dari manajemen BUMD di Boalemo tersebut, karena hanya 2 dari 6 BUMD di Provinsi Gorontalo yang mampu mencapai predikat ini. Evaluasi kinerja yang dilakukan BPKP sesuai Standar dari Kementerian PUPR untuk mengukur tingkat keberhasilan pengelolaan sistem penyediaan air minum melalui penilaian terhadap kinerjanya yang didasarkan pada 4 aspek, yakni: keuangan, pelayanan, operasional, dan Sumber daya Masyarakat.

Hasil Kinerja Kesehatan Tahun 2021 tidak lepas dari peran pemerintah daerah dalam mendukung peningkatan cakupan pelayanan air bersih. Untuk mempertahankan kinerja ini tentu bukanlah pekerjaan yang  mudah, perlu dukungan strategis dan materiil dari pemda, diantara dukungan yang dapat secara langsung meningkatkan nilai kinerja tahun berjalan antara lain kalibrasi atau penggantian meter untuk pelanggan aktif, penurunan angka kebocoran, pendampingan terkait asistensi pemda terkait inventarisasi aset dan penghapusan aset yang tidak produktif.

Mengikuti arahan dari Kepala BPKP Pusat agar Kepala Perwakilan senantiasa bersilaturahmi ke pemda, berdiskusi dengan pemda, menggali visi misi dan ikut turut serta bersama mensukseskan program prioritas pembangunan di daerah melalui agenda prioritas pengawasan daerah (APPD).

Mengawali tugas sebagai kepala perwakilan, Heru Tarsila menyatakan kami perwakilan BPKP Gorontalo siap untuk berkolaborasi dengan pemda Boalemo, termasuk terkait pengawasan isu strategis terkait kelapa sawit.

Penjabat Bupati menyambut hangat terkait penugasan  kelapa sawit dan langsung menginstruksikan Sekda untuk mengawal dan menemani tim BPKP dalam penugasan tersebut. Acara tersebut ditutup dengan Penyerahan Laporan Evaluasi Kinerja Perumda Tirta Boalemo dan dilanjutkan ramah tamah bersama Sekda dan Manajemen Perumda Tirta Boalemo.

(kominfobpkpgorontalo/bidangAN)