Pemkab Gorontalo Bekerjasama dengan BPKP Gorontalo menggelar Workshop SPIP Terintegrasi

Gorontalo – Guna meningkatkan kompetensi SDM Pemeerintah Kabgor agar mampu menyelenggarakan pengendalian intern secara memadai dan melakukan penilaian maturitas SPIP, Pemerintah Kabupaten Gorontalo menyelenggarakan Workshop Implementasi SPIP Terintegrasi dan Quality Assurance atas Penilaian Maturitas SPIP di lingkungan Pemerintah Kabupaten Gorontalo di Hotel Damhil Gorontalo. Senin (27/6/22).

Pelatihan ini merupakan implementasi Peraturan BPKP Nomor 5 Tahun 2021 tentang Tentang Penilaian Maturitas Penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah Terintegrasi pada Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah.

Acara pembukaan tersebut dihadiri Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Gorontalo Raden Murwantara, Tim SPIP Deputi Bidang Pengawasan Keuangan Daerah serta Korwas APD Agung Ragil Pujono dan tim APD BPKP Gorontalo. Pelatihan dilaksanakan selama empat hari mulai 27 Juni 2022 sampai 30 Juni 2022 yang diikuti oleh seluruh OPD Kabupaten Gorontalo.

Kegiatan workshop tersebut dibuka langsung oleh Bupati Gorontalo yang diwakili Asisten III Setda Kabupaten Gorontalo Romy Sharjain, dalam sambutannya, beliau mengajak agar para peserta memaksimalkan kegiatan yang diikuti guna meningkatkan pemahaman sekaligus meningkatkan komitmen supaya efektivitas penyelenggaraan pemerintahan negara dapat tercapai. Untuk itu, ia sangat mengapresiasi dan berterimakasih kepada BPKP Gorontalo atas pendampingan yang terus dilakukan terhadap Pemerintah Kabupaten Gorontalo sekaligus berharap, agar workshop tersebut dijadikan momentum untuk meraih ilmu sebanyak-banyaknya sebagai bekal untuk diterapkan di Pemerintah Daerah Kabupaten Gorontalo.

Sementara itu Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Gorontalo Raden Murwantara memaparkan secara garis besar tentang SPIP Terintegrasi dalam paparannya menjelaskan bahwa urgensi untuk pencapaian Good and Clean Government, di mana penerapan SPIP harus berorientasi pada hasil dan mampu memberikan manfaat lengkap dalam melakukan perbaikan yang bermuara pada kinerja yang lebih berkualitas.