BPKP Gorontalo Dampingi Penguatan SAKIP Kabupaten Pohuwato

Gorontalo(23/6) Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Pohuwato bekerja sama dengan Perwakilan BPKP Gorontalo menyelenggarakan kegiatan Coaching Clinic Implementasi Penguatan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Tahun 2022 di Aula Perwakilan BPKP Provinsi Gorontalo dari tanggal 23 Juni 2022.

Kegiatan ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Pohuwato Iskandar Datau, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Gorontalo Raden Murwantara dan Sekretaris Desa serta Subbag Perencanaan se-Kabupaten Gorontalo sejumlah 60 peserta.

Kegiatan ini memiliki tujuan memberikan pemahaman kepada Pemerintah Kabupaten Pohuwato dalam melaksanakan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah.

Sambutan pertama oleh Kepala Perwakilan BPKP Gorontalo Raden Murwantara, Raden menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Pohuwato yang telah bekerja sama dengan BPKP melaksanakan kegiatan ini. Tak hanya itu Raden juga menambahkan bahwa arahan presiden salah satunya bagaimana program pemerintah dapat menyentuh langsung ke masyarakat dan skor SAKIP Pohuwato masih B dan WTP sudah 9 kali dimana seharusnya ini berkorelasi.

Berlanjut dengan sambutan dan pembukaan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Pohuwato Iskandar Datau menyampaikan terimakasih kepada BPKP Provinsi Gorontalo telah mendukung kegiatan ini, Iskandar menekankan bahwa SAKIP ini sangat penting bagi pemerintah Daerah khususnya Pohuwato, skor SAKIP Pohuwato diusahakan kedepannya mendapat skor yang lebih tinggi. Iskandar juga menyampaikan evaluasi dari Kemenpan RB ialah Indikator kinerja harus selaras dengan visi misi kepala daerah berorentasi hasil dan relevan, RPJMD sebagai acuan dalam membangun organisasi, penyempurnaan renstra OPD dengan penyesuaian indikator kinerja agar dapat mengukur target kinerja yang sesuai.

Sekda Pohuwato berharap para peserta dapat mengikuti kegiatan Coaching Clinic dengan tertib dan baik.

Dilanjut dengan materi oleh tim BPKP Provinsi Gorontalo dan Kepala Bapperlitbang.

(kominfobpkpgorontalo/sj)