BPKP Gorontalo “Temu Toko” Menko Marves

Gorontalo(15/6) Di Library Café BPKP Provinsi Gorontalo Kepala Perwakilan BPKP Provins Gorontalo Raden Murwantara berserta pegawai mengikuti acara “Temu Tokoh” bersama Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan secara virtual yang berpusat di Auditorium Gandhi BPKP Pusat Jakarta.

Dalam acara ini Luhut menyampaikan dua hal penting untuk mewujudkan visi Indonesia Maju pada tahun 2045 adalah pemulihan pascapandemi dan transformasi ekonomi. Menko Marves ini juga mengatakan kinerja ekonomi Indonesia termasuk terbaik Tingkat pengangguran turun menjadi 5,83% pada Februari tahun 2022 dan realisasi investasi tumbuh double digit mencapai 28,5% pada kuartal 1 tahun 2022 dan nilai tukar rupiah yang dinilainya stabil.

Luhut juga menyampaikan apresiasi yang tinggi terhadap pencapaian BPKP dalam dua tahun terakhir. Begitu besar penghematan yang didapat oleh Negara berkat pengawasan yang dilakukan oleh BPKP. Untuk itu, Saya juga mengucapkan terima kasih atas kerja sama seluruh aparat pengawas yang terus mengawal anggaran belanja dan proyek strategis pemerintah. Tidak hanya penghematan keuangan negara, peran BPKP sangat besar dalam mengakselerasi proses pemulihan ekonomi dan menjadi bagian dari proses transformasi ekonomi Indonesia. Saya percaya BPKP akan memainkan peran strategis yang lebih besar ke depan demi mewujudkan visi Indonesia Maju. Untuk itu Saya minta seluruh aparat pengawas untuk tetap melanjutkan kinerja bagus di bawah kepemimpinan Pak Ateh. Tetap semangat membangun Indonesia yang lebih baik.

Kepala BPKP Muhammad Yusuf Ateh memaparkan penghematan pengeluaran keuangan negara hingga Triwulan 1 Tahun 2022 mencapai Rp20,05 T. Dukungan bagi negara tersebut merupakan hasil dari transformasi pengawasan dimasa pandemi. Prinsip-prinsip pengawalan arahan dari Presiden pertama, cegah kebocoran uang negara. Kedua, pengawasan tidak boleh mengganggu kecepatan. Dan ketiga, kolaborasi dioptimalkan,” ujar Yusuf Ateh.

Dalam acara ini turut juga hadir Kepala LKPP Abdullah Azwar Anas.

(kominfobpkpgorontalo/sj)