Pembangunan Infrastruktur untuk Mendukung Pemulihan Ekonomi serta Reformasi Sosial

Gorontalo(28/6) Perwakilan BPKP Gorontalo menghadiri kegiatan Musrenbangda Kota Gorontalo dengan Tema Pembangunan Infrastruktur untuk Mendukung Pemulihan Ekonomi serta Reformasi Sosialdi Hotel Aston Gorontalo.

Meidy Novita Silangen selaku Kepala Bapppeda Kota Gorontalo menyampaikan Musrenbangda sebagai rangkaian perencanaan dan pembangunan daerah juga sarana Pemerintah Kota Gorontalo untuk merencanakan pembangunan dan upaya menjaring masukan/usulan pembangunan dari masyarakat, agar diperoleh rencana pembangunan daerah yang holistic, Kerja keras Pemkot terkait perencanaan pembangunan berbuah manis dengan masuk nominasi perencanaan pembangunan daerah 10 besar terbaik tingkat nasional.

Ryan F Kono selaku Wakil Walikota Gorontalo menyampaikan karena keterbatasan anggaran, Pemkot harus berupaya sebaik dan seefektif mungkin dalam memanfaatkan anggaran yang ada untuk membiayai pembangunan kota Gorontalo.

Dilanjut dengan Kepala BAPPPEDA Prov. Gorontalo Budiyanto Sidiki, Budi mengapresiasi capaian pemkot Gorontalo yg masuk 10 pemda dengan perencanaan daerah terbaik. Walaupun capaian pembangunan ekonomi Kota Gorontalo adalah yang terbaik di wilayah Gorontalo, namun tingkat penganggurannya paling tinggi sebesar 5.4%. Budi menekankan agar pemkot mencapai Standar Pelayanan Minimum, karena hal tersebut memiliki konsekuensi sanksi apabila tidak tercapai.

Raden murwantara menekankan perlunya peningkatan peran pimpinan OPD dalam proses perencanaan dan penganggaran. Menurutnya paradigma baru dalam penyelenggaraan pemerintahan adalah result oriented government, dimana pemerintah itu membiayai outcome, bukan output, serta mampu men-delivered program-program pembangunan yang dilakukannya kepada masyarakat.

Dalam closing statement acara musrenbang, Walikota Gorontalo Marten Taha menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada seluruh stakeholder yang hadir, khususnya kepada Perwakilan BPKP Provinsi Gorontalo yang telah mendampingi Pemkot dalam meningkatkan efektivitas dan efisiensi perencanaan dan penganggaran.

(kominfobpkpgorontalo/bidangAPD)