Sosialisasi SPIP Sebagai Bentuk Penguatan Reformasi Birokrasi pada Kejati

Dalam sambutannya, Kepala Kejaksaan Tinggi Gorontalo, Dr. Jaja Subagja, S.H., M.H. menyampaikan bahwa tujuan dari pelaksanaan sosialisasi ini adalah sebagai upaya penguatan pengawasan penerapan SPIP dalam kerangka reformasi birokrasi instansi pemerintah, sekaligus menyusul keberhasilan Kejaksaan Republik Indonesia dalam pencapaian maturitas SPIP level 3 dari BPKP.

Koordinator Pengawasan Bidang Akuntabilitas Pemerintah Daerah, Glenn Davies Siwu mengatakan, sosialisasi SPIP merupakan tahapan yang penting dalam mengawali proses implementasi di lingkungan entitas masing-masing. Hal ini diperlukan untuk memberikan gambaran umum atas unsur-unsur pengendalian intern, mulai dari lingkungan pengendalian, penilaian risiko, kegiatan pengendalian, informasi dan komunikasi yang efektif, serta pemantauan pengendalian intern. Sebagaimana tercantum dalam PP 60 Tahun 2008 tentang SPIP, kelima unsur ini merupakan integrasi dalam mewujudkan pencapaian tujuan entitas pemerintah secara efektif dan efisien dengan memastikan keandalan atas data dalam pelaporan, pengamanan aset negara, serta ketaatan terhadap ketentuan yang berlaku. 

Acara sosialisasi kemudian dimulai dengan pemutaran video pembelajaran berjudul Mari Mengenal SPIP yang merupakan buah karya aksi perubahan di Perwakilan BPKP Provinsi Gorontalo sebagai penggugah pemahaman awal atas SPIP dan dilanjutkan dengan pemaparan gambaran SPIP serta penilaian maturitas SPIP.

Acara sosialisasi berlangsung hangat dalam format tanya-jawab atas topik pengendalian intern yang beragam, mulai dari penegakan integritas dan etika melalui implementasi kode etik, hingga pada upaya peningkatan pengendalian yang harus dilakukan selanjutnya.

Besar harapan Kepala Kejaksaan Tinggi Gorontalo, kegiatan sosialisasi ini dapat ditindaklanjuti dengan kegiatan penilaian maturitas SPIP sebagai kesempatan perolehan rekomendasi dari BPKP dalam rangka peningkatan kualitas implementasi pengendalian intern, baik pada Kejaksaan Tinggi Gorontalo, maupun pada Kejaksaan Negeri se-Provinsi Gorontalo.

(kominfobpkpgorontalo/carlo)