Reorganisasi, Upaya Menjawab Tantangan Melaksanakan 4 Fokus Pengawasan

Gatot Darmasto selaku Deputi Bidang PPKD membuka acara dengan pemberian arahan. Beliau mengungkapkan bahwa lingkungan organisasi yang terus berubah, serta perubahan teknologi, kondisi ekonomi, maupun perubahan kebutuhan stakeholder BPKP, perlu direspon dengan mengoptimalkan organisasi. Salah satu upayanya yaitu melakukan reorganisasi BPKP yang ditetapkan dengan Peraturan Kepala BPKP  RI nomor 5 Tahun 2019 tentang Organisasi dan Tata Kerja BPKP. Reorganisasi tersebut diharapkan mengoptimalkan peran assurance dan consulting yang perlu diarahkan untuk meningkatkan kualitas, transparansi, akuntabilitas pengelolaan keuangan dan pembangunan.

Beliau juga mengungkapkan bahwa Kedeputian PPKD merupakan bagian yang mengalami reorganisasi. Hal ini diperlukan untuk menjawab tantangan atas kondisi pelaksanaan 4 fokus pengawasan. Pencapaian target Maturitas SPIP, Kapabilitas APIP, Implementasi SIMDA dan Implementasi Siskeudes masih belum optimal. Reorganisasi Kedeputian PPKD merubah struktur eselon II yang sebelumnya berdasarkan kewilayahan sekarang disesuaikan dengan fungsi yang dimiliki. Beliau berharap dengan adanya struktur Deputi Bidang PPKD yang baru akan lebih mampu untuk berkolaborasi, membangun networking dan melakukan inovasi. Sehingga organisasi yang solid, kontributif, solutif dan tetap relevan untuk menyelesaikan berbagai tantangan perubahan lingkungan dapat diraih.

Acara dilanjutkan dengan penyampaian perubahan formasi sumber daya manusia, keuangan dan penugasan masing-masing direktorat yang baru.  Kemudian diseminasi tugas pokok dan fungsi serta strategi dalam pencapaian terget masing-masing direktorat yang baru secara panel. Bertindak sebagai panelis yaitu Dikdik Sadikin selaku Direktur  Pengawasan Akuntabilitas Keuangan Daerah, Adi Gemawan selaku Direktur Pengawasan  Akuntabilitas Program Lintas Sektoral, Iskandar Novianto selaku Direktur Pengawasan Akuntabilitas Keuangan, Kinerja Pembangunan, dan Tata Kelola Pemerintahan Desa serta Bea Rejeki Tirtadewi selaku Direktur Pengawasan Tata Kelola Pemerintah Daerah.

Agar suasana menjadi lebih cair, kegiatan Rakor juga mengagendakan malam keakraban. Pada malam keakraban tersebut dilaksanakan  pisah sambut pejabat yang baru maupun yang promosi keluar dari Deputi Bidang PPKD. Berbagai hiburan dari pegawai Kedeputian PKD juga ditampilkan untuk membuat malam keakraban lebih terasa hangat. (/Rief).