Bupati Kaimana Apresiasi Hasil Evran BPKP Pabar

Kaimana (30/03/2023)- Bupati Kaimana, Freddy Thie mengapresiasi Hasil Evaluasi Perencanaan dan Penganggaran (Evran) pada Kabupaten Kaimana Tahun 2023 yang telah dilakukan oleh Perwakilan BPKP Provinsi Papua Barat. Hal tersebut ia sampaikan saat pembahasan akhir (exit meeting) Hasil Evaluasi Perencanaan dan Penganggaran pada Pemerintah Daerah Kabupaten Kaimana Tahun 2023, di Ruang Rapat Kantor Bupati Kaimana. Menurutnya, evaluasi ini dapat dijadikan bahan perbaikan bagi Kabupaten Kaimana agar menjadi lebih baik lagi.

Selain dua sektor utama yang dievaluasi yaitu ketahanan pangan dan pariwisata, UMKM juga dipilih karena menjadi prioritas Bupati Kaimana.

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Papua Barat, Zainuri, menuturkan baik buruknya sebuah perencanaan sangat ditentukan oleh seberapa jauh perencanaan tersebut dapat dilaksanakan dalam praktik. Perencanaan dapat dikatakan baik dan berkualitas apabila rencana yang telah disusun tersebut dapat terlaksana dan berjalan dengan baik.

“Adanya evaluasi perencanaan dan penganggaran ini bertujuan memastikan program, kegiatan, dan anggaran yang telah dirancang Bapak/Ibu berjalan secara efektif dan efisien untuk menghasilkan manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat” tutur Zainuri.

Dalam paparannya, Zainuri juga memberikan rekomendasi upaya yang harus dilakukan oleh Bupati dan pimpinan OPD terhadap tiga sektor yang dievaluasi. Pada sektor ketahanan pangan, dirinya memberikan saran untuk Pemerintah Kabupaten Kaimana membuat rumah potong hewan. Selanjutnya sektor pariwisata, ia menyampaikan perlunya menyusun kebijakan tentangjaringan transportasi terintegrasi menuju tempat wisatadan kebersihan di tempat wisata.

“Di sektor UMKM kebijakan prioritas produk UMKM dan P3DNperlu dilakukan oleh pemda” sambungnnya.

Sementara itu, Freddy berharap dukungan dan kerja sama dari semua OPD dapat mewujudkan Kaimana yang lebih maju.

“Supaya hal-hal yang kurang tadi bisa sama-sama kita perbaiki, secara bertahap. Keberhasilan ini kuat dan hebat bukan karena Bupati dan Wakil Bupati saja melainkan keberhasilan kita bersama”

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Sekretaris Daerah Kabupaten Kaimana, Inspektur Daerah Kabupaten Kaimana dan pimpinan OPD terkait.

(Kominfo BPKP Pabar)