BPKP Pabar Verifikasi DLI 7 I-Sphere di Pulau Manyaifun Raja Ampat

Waigeo (26/10/2022)- Tim Perwakilan BPKP Provinsi Papua Barat, melakukan verifikasi dukungan atas capaian Indikator Pencairan Dana (Disbursement Linked Indicator / DLI) tentang Penugasan Khusus Tenaga Kesehatan di Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat. Hal ini bertujuan untuk memberikan keyakinan yang memadai bahwa laporan pencapaian DLI Indonesia Supporting Primary Health Care Reform (I-SPHERE) dari Kementerian Kesehatan telah sesuai dengan kesepakatan.

I-SPHERE Loan IBRD 8873-ID adalah sebuah program dari Bank Dunia kepada Kementerian Kesehatan untuk memperkuat kinerja sistem perawatan kesehatan primer di Indonesia dalam rangka mendukung keberhasilan Program Indonesia Sehat (PIS) melalui pembiayaan dari Bank Dunia. Berdasarkan Loan Agreement, program ini memiliki sepuluh indikator yang harus dipenuhi oleh Kementerian Kesehatan serta disampaikan dalam bentuk Laporan Kinerja DLI atas hasil pencapaiannya.

Melalui Surat Menteri Keuangan Republik Indonesia, BPKP menjadi institusi independen yang ditunjuk sebagai verifikator terkait pencapaian DLI tersebut. Terdapat 6 (enam) Indikator terkait DLI yang diverifikasi oleh BPKP pada tahun 2022, salah satunya adalah DLI 7 mengenai Penugasan Khusus Tenaga Kesehatan.

Kabupaten Raja Ampat termasuk daerah yang mendapatkan Program Nusantara Sehat Berbasis Tim (Team Based) sebanyak 3 (tiga) tim dengan jumlah tenaga kesehatan penugasan khusus sebanyak 19 orang. Adapun puskesmas yang termasuk dalam Kriteria Puskesmas yang Sangat Terpencil, yaitu Puskesmas Manyaifun, Puskesmas Kabare dan Puskesmas Deer. Hal ini dikarenakan kurangnya pemenuhan tenaga kesehatan di Kabupaten Raja Ampat khususnya untuk wilayah sangat terpencil.

Verifikasi pada DLI 7 I-Sphere tersebut dengan uji petik pada Puskesmas Manyaifun. Puskesmas Manyaifun terletak di Pulau Manyaifun dengan waktu tempuh lebih dari 3 (tiga) jam perjalanan laut menggunakan speedboat dari Pelabuhan Laut Kota Waisai, Ibukota Raja Ampat. Hasil verifikasi menunjukkan bahwa tenaga kesehatan telah melaksanakan tugas dan berada di masing-masing puskesmas termasuk Puskesmas Manyaifun.

Terbatasnya fasilitas listrik dan sarana prasarana di Pulau Manyaifun menjadi tantangan tersendiri bagi Tim Nusantara Sehat dalam memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat sekitar.

(Kominfo BPKP Pabar/Bidang IPP)